Tags

,

Kemaren dapet broadcast kalo sekarang ini om google udah ngelahirin anak yang namanya k*ddle co. Katanya sih itu semacam search engine khusus dipake buat anak2. Seneng sih ya, berarti anak2 punya search engine sendiri dan so pastinya karena buat anak2 harusnya udah difilter resultnya. Iseng2 gw coba sih. Coba kiddling pake keyword “p*rn”. Eh, nggak keluar apa2 loh. Okesip. Kayaknya lulus uji coba pertama nih.

kiddle

lolos uji coba

Trus iseng gw search pake keyword “fifty shades of grey”. Weladalah… lha kok keluar hasil searchingnya. Duileeee… Lha kok ulasannya lengkap bener. Soal review orang tua soal novel sama filmnya. Tapiiii… kok nyelip soal lingerie-nya segala. Duuuh… bau2nya mulai nggak enak inih.

kiddle2

jreng…jreng…

Buat ngebuktiin lagi, gw iseng search pake keyword “n*kita m*rzani”, hasilnya sih no results ya… Tapiiii… di sebelah kanan, ada tambahan kayak gini nih…

kiddle3

gw coba klik itu yang disebelah kanan, sayang diblokir sama kantor gw -__-“

Trus iseng nyari lagi. Kali ini yang jadi korban “m*ria oz*wa”. Untunglah, nggak ada hasil yang aneh2 kali ini.

kiddle6

untung hasilnya nggak aneh2

Kesimpulannya, kayaknya search engine yang ini belom terlalu bisa diandalkan kali ya. Informasinya belum selengkap kalo kita searching pake google. Belom lagi kayaknya belom bisa mengakomodir penggunaan bahasa selain bahasa inggris. Kayak misalnya gw nyari keyword yang normal semacam “belajar membaca”, hasilnya kayak gini…

kiddle4

hasilnya standar be’eng

Bandingkan dengan kita searching pake google dengan keyword yang sama

kiddle5

pake google lebih memuaskan

Nah, kliatan kan bedanya. Emang sih, mungkin karena belom populer, makanya k*ddle co masih amat sangat terbatas sekali buat ukuran aplikasi yang namanya search engine. Dan buat sekarang sih kayaknya gw juga belom pake sering2 juga. Masih prefer pake google lah. Untungnya juga bocah2 juga belom gw kenalin sama yang namanya search engine. Baca aja mereka belom bisa😛. Moga2 aja ntar pas waktunya mereka bener2 butuh internet, k*ddle co udah bisa diandalkan.

Denger2 sih kemaren dapet info kalo k*ddle co ini sebenernya bukan pengembangan dari google dan sengaja ngejaring anak2 buat masuk ke web2 yang nggak jelas. Bener enggaknya, entahlah ya… Ntar gw dituduh nyebarin info yang enggak2 lagi. Akik atut kena pasal di UU ITE, cyin… #ngeri

Yang pasti gw masih pikir2 buat ngenalin anak pake komputer di usia mereka saat ini. Tiap ada bapake, mereka kadang nonton youtube pake laptop sih. Tapiii, tetep aja didampingin. Lha wong kadang kita niatnya nonton video kartun, tapi yang keluar malah video aneh2. Hadeeeehhh… pusiang deh…