Tags

,

Setelah kemaren berhasil bikin list serial kartun di masa kecil gw, sekarang kok tangan gw gatel pengen nulis soal pelem2 non kartun yang jadi langganan tontonan gw waktu kecil. Seinget gw sih nggak banyak2 amat ya. Lha wong waktu itu acara tipi terbatas banget pilihannya. Tapiiii… untungnya, diantara pilihan terbatas itu, sinetron2 belom banyak bermunculan euy. Jadi meski sedikit pilihan, tapi variasi tontonannya menurut gw lumayan banyak. Coba kita tulis sambil diinget2 yak…

1.  Ksatria Baja Hitam

ksatria-baja-hitam

si kotaro minami (manusia terganteng menurut gw waktu itu)

Kalo disuruh sebutin serial apa yang paling sering gw tonton, ya ini lah. Si Ksatria Baja Hitam dengan Belalang Tempur-nya. Pokoknya ini pelem keren abislah menurut gw yang piyik waktu itu. Tokoh utamanya si Kotaro Minami berubah jadi Ksatria Baja Hitam buat numpas musuh2nya. Yang unik tuh, tiap musuhnya mati, gaya ikoniknya tuh dia pasti ngadep ke arah gw alias ngebelakangin si musuh yang meledak2. Jadi berasa gimmanaa getoh diliatin dia😀

Seingetku, awal2nya sih cuma ada Ksatria Baja Hitam doang ya. Tapi kalo nggak salah, habis itu si Kotaro ini bisa berubah juga jadi Baja Hitam RX, Baja Hitam Bio gitu2. Trus kalo nggak salah ada bagian yang kakaknya Kotaro jadi musuhnya (iya nggak sih???). Mungkin beda season kali ya. Makanya jenis ksatrianya pun berubah. Inget banget tiap minggu ada cuplikan ceritanya di Bobo. And itu selalu gw tungguin loh. Tiap Bobo dateng, pasti itu yang gw cari. Trus di Bobo sempet diulas juga, kalo sebenernya di Jepang sendiri Ksatria Baja Hitam ini udah tayang tahun 1989 (dududu…berapa taon yang lalu ituhhhh???) and baru tayang di Indonesia tahun ’92 kalo nggak salah. Wilih…udah lama banget yak… *buru2 olesin krim anti aging*

2.  Jiban

jiban

si robot polisi

Diputer tiap hari Selasa, jamnya lupis. Ini juga hampir mirip kayak Ksatria Baja Hitam. Bedanya, dia nggak berubah jadi manusia di kondisi normal. Semacam robot polisi gitu. Mirip2 kayak Robocoplah. Tapi kok gw malah lupis sama sekali alur ceritanya kayak gimana ya. Yang pasti gw suka sama OST-nya. Sayang berhubung keterbatasan bahasa Jipun, walhasil liriknya kagak bisa gw tulis deh. Gw cuma bisa nggumam2 gitu. Mosok di sini cuma gw tulis “Jiban…Jiban… hm…hmm…mmmm…” Kan nggak lucuuuuu…

3.  White Snake Legend

Si Ular Putih. Wiliiiihhhh.. Kayaknya ini terkenal beng beng pas di jaman gw. Pai Shu Chen and Shi Han Wen. And mereka sering manggil: “Suamiku….” and “Istriku…” Weleh welehhh… Romantis pisan. Trus ada adeknya si ular putih. Lupita gw namanya siapa. Yang pasti dia bisa berubah jadi ular hijau. Beda sama kakaknya. Si adek ini agak2 emosian sifatnya and kadang nggak mikir kalo bertindak. So, kadang2 bikin susah si Pai Shu Chen.

Ajibnya, pemeran suami si ular putih ini ternyata cewek. And si ular putih azelole dadanya mantab pisaaannn. Ini acara tayang di SCTV tiap Selasa jam 19.00. Berhubung jam segitu jam2nya gw belajar, makanya nyokap sering ngamuk kalo gw nonton. Tapi…karena nyokap juga suka and ngikutin jalan ceritanya, jadinya tiap Selasa dikompensasi deh jam belajar gw 😛

Yang gw suka dari pelem ini nih ya, banyak lagu2 yang diselipin di tengah2 pelem. Jadi pelem India versi China lah ya. Lagu2nya juga easy listening juga. Jadinya menghayati banget deh tiap nonton. Tiap sedih, nyanyi. Lagi seneng, nyanyi. Lagi kena sial, eh nyanyi lagi.

4.  Return of the Condor Heroes

rajawali

pendekar rajawali sakti

Kayaknya gw mulai kenal si Abang Andi Lau tuh gara2 serial ini deh. Kisah cinta Yoko dan Kakak Liung ya kalo nggak salah?!?!? Serialnya dari Senin-Jumat jam 18.00 di Indosiar. Yang bikin makin terkenal tuh  karena yang nyanyi si Yuni Sh*ra and lagunya jadi hits benerrrr. Coba kalo Yuni Sh*ra nggak didapuk jadi penyanyinya. Kayaknya doski nggak seterkenal sekarang deh. Episodenya panjang pisan deh ini pelem. Untung aja ujungnya hepi ending, meski si Yoko tangannya buntung. Nggak papa lah ya. yang penting mereka bahagia #tsaaaahhh

5.  Kisah Pangeran Menjangan

menjangan

pangeran beristri bejibun

Pelem tentang pangeran yang playboy abhwessss. Istrinya entah deh ada berapa. Gw on off sih nontonnya. Habis pelemnya ngebingungin saking banyaknya pemain. Kalo nggak salah ini pelem diputer di Indosiar jam 18.00an deh. Gw bela2in nonton demi nggak perlu belajar. Xixixi… Tapi lumayanlah, ini pelem bisa ngisi kekosongan hati gw dikala gw lagi MLZ belajar 😛

6.  Belenggu Pintu Cinta

belenggu pintu cinta

miris liatnya pas si tokoh utama lagi dirajam

Pasti pada nggak tau pelem ini deh. Kayaknya nggak seterkenal Yoko. Tapi gw suka jalan ceritanya. And baru tau kalo di Cina ada juga hukuman rajam. Kisah tentang cinta terlarang gitulah. Gw juga lupis2 amnesia sama jalan ceritanya. Yang pasti hepi ending aja ceritanya. Pokoknya, apapun tontonannya, asal semuanya hepi ending, gw syukak😛

7.  Giok di Tengah Salju

giok

mewek lah liat pilem ini

Duuuuhhh…ceritanya mirissss. Tiap episode kayaknya nggak afdol kalo nggak ngeluarin aer mata saking sedihnya ini pilem. Ceritanya sih tentang penderitaan anak kecil gitu. Jadi pembokat di rumah ibunya sendiri kayaknya. Disiksa sama Ibu Suri Istana, gitu2lah. Pemeran utamanya imuttttt bingitsss. Cantik deh. Gw ngepans sama doski. Gw udah lupa ceritanya gimana. Endingnya gimana juga lupis deh. Pokoknya yang keinget sedihnya aja  OxO

8.  Putri Bunga Persik

persik

susah bo’ nyari posternya

Ini juga. Serial yang bikin mewek tiap liatnya. Cedyiiihhh… Pemainnya kayaknya nggak jauh2 dari Giok di tengah salju deh. Putrinya pas kecil pemerannya sama. Trus pas udah dewasa, baru deh diganti aktrisnya. Tapiiii…sama2 cantiknya. Aslik, kalo liat pelem ini bawaannya kudu ngekepin sekotak tisu. Tapi karena nontonnya bareng sama nyokap, asa malu aje cyin kalo gw harus berurai aer mata. Yang pasti hampir 100% gw yakin endingnya nggak hepi 😀

9.  Selembut Sutra

Aslik, gw nggak tau alur ceritanya. Yang gw inget cuma OST-nya doang karena easy listening. Tau judulnya juga hasil dari googling. Ketemu deh judulnya. Seinget gw sih pemerannya nggak jauh2 dari pelem Putri Bunga Persik, Belenggu Pintu Cinta, gitu2lah. Perasaan semua pelem drama yang dulu gw liat, orang itu2 doang. Aslik nggak kereatip dah.

Liat lirik OST-nya nih…

Rumput nan hijau luas terhampar, sebening air sungai mengalir

Hati siapa yang tak kan resah menanti hari untuk berjumpa

Rindu dan cinta datang menggoda, tak pernah pudar walau badai menerpa

Rindu dan cinta nan bergelora, mengusik jiwa, merasuk sukma

Kalo dipikir2, kebanyakan pelem yang gw tonton imporan dari jepun and cinen yak. Padahal waktu itu ada loh serial Power Rangers yang ngehiets abis. Tapiiii… Entah kenapa kok gw nggak demen nontonnya. Biasa aja gitu. Apalagi sempet ada berita baru2 ini kalo pemeran ranger merah ada kasus pidana. Wilih, makin nggak nepsong mau nulisnya. Mungkin waktu itu serial Asia emang bener2 lagi booming kali ya. Masih ada loh daftar pelem yang belom gw tulis. Shanghai Bund yang pemerannya Chow Yun Fat. Trus ada Pendekar Ulat Sutera, Twins (aslik, ini yang maen imouets bingits, Jimmy Lin sama entah siapa si sodara kembarnya ntuh). Pas gw gedean dikit, nonton tuh Jewel in the Palace yang aslik gw jadi tau kalo ada negara namanya Korea yang ternyata indah pisan. Duh, kantor…kapan ngirim gw ke sonoh… #ngarep.com

jang geum

heran sama mukanya yang mulus bikin laler kefleset

Yang pasti gegara gw googling soal si Jang Geum, ternyata doski sekarang umurnya udah 44 tahun loh. And dia sekarang pokus jadi ibu rumtang dengan anak kembarnya. Yang pasti tetep cuanteeekkk

jang geum 2

kayak gini umurnya 44 taon?!?!?!