Tags

, , ,

Siapa yang nggak kenal sama namanya petai alias pete and jengkol? Yep… semua orang kayaknya tau ya yang namanya pete and jengkol ini. Baunya yang khas, trus rasa creamy nya. Nyaaaammm…

Gw sih sebenernya nggak pernah makan pete apalagi jengkol ya pas gw tinggal sama nyokap. Yabwess… pete and jengkol kan sebangsa makanan aneh gitu buat kota kampung gw. Pete masih lumayan familiar lah. Biasanya buat campuran sambel goreng ati atao sambel goreng jepan buat nasi liwet. Tapi kalo pete-nya dibikin sebagai bintang utamanya, hmmmm…kayaknya nggak pernah deh. Apalagi stereotip pete kan bau. Bikin napas jadi bau, pipis jadi bau. Jadilah nyokap nggak pernah bikin.

Lain lagi jengkol. Walahhh… jarang banget kampung gw bikin makanan dari jengkol. Gw taunya jengkol juga pas gw hijrah ke ibukota. Itupun pas gw udah tinggal di rumah sendokur. And ngicipinnya juga karena nggak sengaja. Gara2 dikasih sama si mbak pulper.

Jadi ceritanya nih yaaa… si mbak pulper tau2 dateng and ngasih makanan ditaro di piring kecil gitu. Dia nganterin tuh makanan buat mbaknya anak2. Pas gw tanya, sambel jengkol, katanya. Hueeekkk… langsung kebayang, pasti nggak enak, bau, menjijikkan. Sebangsanya lah.

sambel jengkol

sambel jengkol yang sukses bikin ngencessss

Tapiiii… kok aku senapsaran ya. Lagian pas gw liat, si Mbak makannya lahap bener, sampe sukses bikin gw ngiler. Gw coba donggg… Dan ternyata??? Eaaaaa… enak, Sodara2. Kriuk2 gitu. Susah dideskripsikanlah pokoknya. Kayak kacang, trus gurih2 gimmmaaannaaa gitu. Trus aroma khasnya itu lohhhh… Nggak nahaaaannn… Buat percobaan pertama gw makan jengkol, sukseslah itu jengkol bikin gw ketagihan.

Akhirnya gw minta si mbak pulper bikin lagi. Kali ini diana bilang mau dimasak semur. Kebayang gw sih semur kayak yang dijual ala2 warteg betawi itu lah yawww… Pas gw coba, hmmm… Enak sih. tapi kok nggak seenak pas dibikin sambel ya? Berasa lebih lembek gitu. Gw nggak terlalu suka. Masih enakan sambel jengkol. Masih ada sensasi kriuk2 and kletuk2nya gitu pas dikunyah.

semur jengkol

semur jengkol yang menurut gw kurang endeusss

Hmmm… rikues lagi dong gw. Kali ini minta dibikinin jengkol di sambel goreng aja kayak yang pertama. Gw minta dimasaknya dipasin pas suami pulang. Soalnya gw pengen dese nyobain sambel jengkol bikin si mbak pulper yang endeuuusss.

Pas suami pulang, semangad dong gw suruh dia makan malem. Pas gw kasih tau lauknya jengkol disambel, tau reaksi dese? “Kamu itu ya… Masuk surga udah susah, ini malah suka rela mau masuk neraka.” Hell!!! Ternyata suami kagak DOYAAANNNN!!! Dia nggak suka sama baunya. Isssshhh.. Ayah ini, dasar nggak gawol. Ya wes lah, itu jengkol gw yang makan. Tapiiii… nggak jadi juga ding gw makan. Lha wong suami bilang nggak bakal mau deket2 gw and gw disuruh bobok di luar kalo gw makan tuh jengkol. Zzzzzzzz… *si Mbak yang seneng bisa makan jengkol sepuasnya*

Akhirnya yaaaa…gitu deh. Gw nggak pernah makan jengkol kalo suami ada di rumah. Ritual makan sambel jengkol masih tetep sampe sekarang. Tapi kalo harga jengkol lagi gila2an, ya mending makan daging sapi deh. Lha mosok pernah sekilo jengkol harganya hampir seratus rebu. Apa pulak itu!!! Nggak ikhlas gw… nggak ikhlas *ngunyah tahu tempe*

Nah…yang sekarang lagi ngehits di rumah gw adalah… sambel pete. Setelah sukses mbak pulper meracuni gw dengan jengkol, dia ngebikinin gw sambel pete. Dan enak loooohhhh… Tapi tetep lebih suka sama jengkol sih menurut gw. Kalo sambel pete kayak apa ya. Hmmm… kriuk2 juga. Trus ada legit2nya. Pokoknya enaaaaakkk… Jadilah sekarang jengkol and pete jadi salah satu makanan kaporit gw di kala gw musmet mau makan apa😛

sambel pete

sambel pete kaporit

Dan kalo si mbak masak jengkol and pete, beneran gw lauknya cuma itu tok loh. Nggak pake lauk yang laen. Bener2 nasi panas sama sambel. Ngirit yah?!?! Kapan ya kira2 Afa bisa gw racunin makan pete sama jengkol juga? Pokoknya suatu saat harus nyobain. Titik.

Trus soal baunya gimana dong? Hmmm… Selama ini gw nggak ada keluhan sih. Biasanya habis makan jengkol or pete, gw minumin tuh aer banyak2. Biar pas pipis ato puppy konsentratnya nggak terlalu tinggi so nggak bau2 amat. Yang pasti sehabis gw pake kamar mandi and si mbak mandiin si bocah di kamar mandi, si Mbak nggak pernah komplen tuh. Berarti aman dong ah (padahal si mbaknya aja yang nggak berani ngomong).

Jadiii… apa sambel kaporit kalian???

Ngebayanginnya bikin gw laferrrrr…