Tags

,

Sebagai emak2 bekerja, sering gw feeling guilty sama bocah karena 5 hari dalam seminggu gw kudu ninggalin mereka di rumah buat kerja. Belum lagi kalo ternyata Sabtu Minggu gw harus dinas. Huhuhu… makin berasa bersalahlah gw-nya. Tapiii…kadang nih yaaa… Giliran gw weekend ada di rumah, gw malah nggak tau mau ngapain sama bocah2 *emak macam apa saya inihhhh*

Makanya, kadang sebelum weekend,  gw sempet2in nyari ide demi bikin kegiatan yang asyik pas weekend. Kalo Ifa sih masih simpel yaaa… Asal dia bisa nyusu sepuasnya mah dunia kayaknya udah indah banget buat doi. Yang jadi masalah nih Afa. Dese kan udah mulai gede ya. Jadi kadang udah mulai protes kalo nggak ada kegiatan apa2 pas gw di rumah. Gw sih sebenernya pengan ngajakin dia jalan2 gitu. Tapi gw kagak bisa nyetir bo’  T___T. Jadi ya terpaksa nungguin ayahnya kalo mau pergi2 pas weekend. Kalo pas ayahnya nggak pulang, ya terpaksa gw kudu kreatif bikin kegiatan buat ngisi waktunya bocah2.

Paling gampil sih masak ya. Secara gw sebenernya suka masak. Jadi ya gw ajak aja Afa masak2. Yang udah dipraktekin sih bikin omelette sama pancake. Nggak nyangka hasilnya enak loh. Emang sih dia tinggal nyemplung2in. Tapi dia exited banget pas praktek masaknya. Trus apa lagi ya kegiatannya? Paling mewarnai, gambar2, trus maen LEGO. Nggak kreatif banget ya. Tapi lumayan juga kok buat ngisi waktu *pembelaan diri atas kemalasan nyari ide kreatif buat anak*

1.  Bikin pancake

IMG_5937

muka sumeh mau bikin makanan sok kebulai2an

Bahannya gw beli yang udah jadi aja. Biar praktis and pasti jadi. Kalo nggak salah gw beli merk PONDAN ato apa gitu. Lupis saya. Yang pasti tinggal ditambah susu, telor, trus dikocok. Jadi deh. Tinggal dimasak di atas teflon. Hasilnya cantik sih. Kemaren itu kayaknya kami terlalu bersemangat ngocoknya. Walhasil jadinya malah agak keras pancake pas udah dingin. Overall tetep enak kok di makan. Afa sih paling habis cuma selembar. Tinggal gw sama si Mbak deh tugasnya yang ngabisin *dietku bubarrr*

IMG_5938

siap2 mainan di kompor

IMG_5940

taraaaa… (cuma pamer doang, habis itu emaknya yang disuruh ngabisin #meh)

2.  Bikin omelette

IMG_5935

siapin bahan makanan paporit

Nah kalo yang ini Afa demen. Secara dia hobi banget makan telor. Tiap malem sebelum tidur pasti minta dibikinin telor osrek trus dimakan panas2 pake kecap. Nah, daripada bosen bikin telor osrek, gw suruhlah dia bikin omelette. Bahannya gampinnngggg… Cuma telor dikocok, dicampur sama gulgar plus bawang merah and bawang putih iris. Biar gurih gw tambahin keju melted. Tinggal digoreng deh pake margarine. Kalo yang ini Afa tandas makannya. Diet emaknya pun aman… Si Mbak tinggal ngences sisaan piring kotornya. Hahaha… #pukpuk

IMG_5936

goreng2…

IMG_0575

jadiiiiii…

IMG_0577

langsung sikat

3.  Maen LEGO

IMG_5956

abaikan bentuk kepala Afa *___*

Maenan barunya Afa sekarang. Adeknya juga suka ikut2an. Gw sih beliin yang versi DUPLO-nya. Ada sih beli yang classic. Tapi asa sayang aja dimainin bocah2. Secara kuecil2 gitu ukurannya. Atut ketlingsut. Kan sayaaaanggg… Si Afa sih minta lagi maenan LEGO tapi yang ada bentuknya. Kayak pesawat, kapal, mobil gitu2lah. Tapiiii harganya itu loh, Nakkk… Maharani, cuyy. Kayaknya gw kudu ngirit nggak makan siang kalo sering2 beli LEGO deh @___@”

4.  Ngiterin kompleks

Ini kegiatan paling gampil, nggak bikin capek, and nggak bikin keringetan. Cuma tinggal ngrincingin kunci kontak di depan mata anak2, langsung deh mereka ngintilin gw naek motor. Langsung deh kiteran kliling kompleks barang setengah jam. Dah sukses bikin anak2 hepi. Ifa sih seneng banget kalo diajak puter2. Afa nih, udah mulai mudeng kebokisan emaknya, lama2 protes dia. Mosok nggak mampir kemana2 katanya. Errr… Kayaknya kegiatan puter2 ini nggak bakalan bertahan lebih lama lagi deh   T.T

Gantinya sih biasanya maen aja ke depan rumah. Ketemu sama anak tetangga, ngariung deh…

IMG_0799

ngariung

5.  Mewarnai

IMG_6002

hasil ngecat daleman

Ini nih yang bikin anak2 syenang. Paling seneng sih kalo coloringnya barang yang bikin anak2 berkotor2 ria sebangsa pake cat aer, ngecap2 pake cat asturo gitu2. Pokoknya yang bikin tangan belepotan, dijamin anak2 suka deh. Biasanya sih aku potong kertas gw jadiin pola trus diwarnain ke kaos2 lama gitu. Wuihhh, langsung nagih minta semua bajunya dicat.

6.  Ke taman

image.jpeg

Deket rumah (sekitar 3 kiloan sih) ada kompleks laen yang lumayan lengkap. Nah di sana ada space yang lumayan luas buat maen anak2. bukan taman yang serba ijo sih.Tapi ini lumayan lah bisa buat anak2 lari2an. Gw pernah sekali sore maen ke sana. Buat anak2 sih seneng ya bisa maen rumput and lari2an. Buat gw and si Mbak, ya cengoh aja gitu karena nggak ada apa2 yang bisa diliat. Yaaa…demi anak lah yaaa… Gosong dikit pun tak mengapa laaahhh…

 

Kayaknya gw kudu rajin2 nyari resep gampil biar Afa bisa ikutan masak deh. Kemaren sih dia sempet minta dibikinin kroket. Sounds good kayaknya. Kalo beneran dia mau makan, ntar tinggal dieksekusi deh. Trus motor gw juga kotor banget and perlu dicuci. Kayaknya asyik juga kalo ngajak si bocah nyuci motor. Lumejen kan ngirit duit cuci motor😀

Yang pasti, gw tetep pastiin keamanan bocah2 kalo beraktivitas di rumah. Kayak masak2an kemaren itu, ya sebisa mungkin si bocah safe dari api kompor, wajan panas, cipratan minyak and sebangsanya. Trus biar lebih amannya lagi, gw kasih dia ancik2an pas dia goreng or masak so dia nggak perlu jinjit2. Pokoknya harus aman and anak tetep comfort lah sama kegiatannya. Trus kalo udah selesai, jadi nggak jadi, meski dapur jadi berantakan, teteup dong gw kasih apresiasi buat si bocah. Sapa tau dia gedenya jadi Chef and gw dikirimin makanan tiap hari? *trus digetok panci sama Afa*