Tags

,

Ngelanjutin potingan sebelumnya, kali ini gw mau ngomongin soal dosis paracetamol alias obat penurun demam buat anak. Gw khusus ngomongin buat anak soalnya gw nggak tau masih bisa dipake nggak rumusnya buat dewasa.

Rumus paracetamol tuh kayak gini:

DOSIS OBAT = 10 mg per Kg berat badan anak

Jadi, misal anak kita beratnya 5 kilo, dosis parcet yang harus dikasih adalah 5 x 10 mg = 50 mg. Kalo di sirup obatnya bilang di setiap 0.8 ml mengandung 80 mg paracetamol, jadi anak kita perlu (0.8/80) x 50 = 0.5 ml per sekali minum.

Kenapa kita repot2 kasih ngitung dosis parcet padahal biasanya di kotak obatnya udah ada dosis minumnya? Hmmm… coba perhatiin deh. Di boks obatnya itu dosisnya berdasar umur, bukan berat badan. Plus digeneralisir buat semua anak berdasar umur. Padahal paracetamol itu pemberiannya berdasarkan BERAT BADAN, BUKAN berdasarkan UMUR. And parcet itu bekerja efektif kalo itungan dosisnya tepat loh.

Bayangin aja misal di boksnya dibilang anak umur 3 tahun dikasih 5 ml parcet. Si penulis dosis mengasumsikan dosis itu buat anak yang beratnya 15 kilo. Lha kalo anak kita bongsor and beratnya 20 kilo, pasti nggak akan efektif tuh si parcet kalo kita minumin sesuai dosis yang ditulis di boks. Belom lagi kalo anak kita terhitung mungil. Lhah, bisa kelebihan dosis kalo dia minum sesuai anjuran.

Kayak kemaren gw sempet teledor aja maen kasih parcet sesuai petunjuk dokter. Gw disuruh kasih 0.8 ml. Padahal pas gw itung, ealaaaahhhh… ternyata Ifa cuma butuh 0.5 ml aja. Gembel tuh dokter. Untung cuma sekali doang gw kasihnya, Habis itu dosisnya gw turunin sesuai itungan gw.

Jadi, be wise kalo kita harus kasih paracetamol buat anak. Nerapin RUM emang susah2 gampang. Tapi paling nggak kalo terpaksa kita harus kasih obat ke anak, kita bener2 tau obat itu untuk apa, efek sampingnya apa, dosisnya berapa, kapan harus stop minum, kapan tetep minum. Ribet sih ya. Tapi demi anak kan apapun harus kita lakuin.

So, inget, harus itung2 dulu ya dosisnya tiap kita mau kasih parcet ke anak. Merk apapun, rumusnya sama kok. Kalo gw kemaren, karena Ifa masih terlalu kecil minum sirup, gw minta obat penurun panas yang model drop. Lebih gampang ngasihnya. And alhamdulillah nggak pake muntah juga. Alhamdulillah lagi, meski dosisnya gw kurangin, ternyata tetep turun juga tuh demamnya🙂