Tags

, , , ,

Siapa sih yang nggak kenal sama yang namanya bawang merah? Apalagi semacam emak2 model kita2 gini (kita??? loe doang kaleeee…) Bawang merah so pasti sangat familier di kuping kita. Gimana enggak coba. Di hampir semua masakan Indonesia pasti salah satu bumbunya ya bawang merah itu. Dari masakan paling gampang, sampe yang paling ribet, pasti pake bawang merah. Telor dadar yang simpel aja gw pakein bawang merah biar seger. Iya kannnn???

Nah, masih berhubungan sama sakit demam and batpil anak2 kemaren, gw dapet info manfaat bawang merah selain sebagai bumbu masakan oleh temen gw. Sebenernya manfaa bawang merah banyak sih ya. Tapi asa malas gw copas dari link2 tetangga yang mana bikin tulisan gw jadi nggak original lagi #sigh. Mending gw ulas manfaat bawang merah berdasar pengalaman gw pribadi aja deh.

Jadi ceritanya temen gw itu kirim email ke gw gimana caranya ngeredain batuk pilek anak2 pake bawang merah. Cara simpel banget nget nget nget. Bawang merah dikupas, jangan sampe keiris ya, trus taro di wadah and letakin aja di kamar. Kalo gw kemaren gw taro di kepala tempat tidur. Nah, fungsi bawang merah itu menyerap virus yang ada di sekitarnya. Jadi kayak magnet buat virus gitu. Kebetulan Afa sama Ifa lagi batpil kan… Pasti di kamar virusnya banyak. Biar nggak nyebar ke mana2, akhirnya gw pake deh si bawang merah itu. Dan hasilnya lumayan loh. Malam pertama pas gw taro si bawang merah, paginya batuknya anak2 udah nggak terlalu banget. Trus pilek2nya nggak terlalu meler lagi. Entah sugesti ato apa, yang pasti anak2 gw getting better pas habis make bawang merah itu.

Cumaaaaannn… Gw sempet sok2 tau si bawang merah pake acara gw potong 2. Jadi gw iris gitu. Yang ada, Ifa demam lagi. Errrrr… Analisis sotoy gw, kayaknya gara2 gw potong tuh bawang merah, jadinya virus yang udah dia tangkep, so nyebar lagi dah tuh virus. Emang sih, di email temen gw itu dibilang, kalo bawang merahnya dipotong, bekas potongannya itu ditusuk entah pake garpu ato lidi. Lha kemaren gw maen taro aja, tanpa gw tusuk. Sakit lagilah itu Ifanya. Huhuhu…

Kemaren gw pake 2 butir bawang merah and tiap 2 hari sekali bawang merahnya gw ganti dengan bawang merah baru. Gw yang susah gampang percaya sama pengobatan2 aneh2 gitu, untuk kali ini, salut dah. Beneran gw rasain manfaatnya. Tapi gw nggak langsung percaya loh. Karena gw baca email temen gw itu makanya gw mau ikutin.

Gw copasin aja kali ya isi emailnya.

Saat epidemi influenza merebak di banyak tempat di dunia, seorang dokter memperhatikan ada keluarga yg sama sekali tak tersentuh demam influenza itu.Ia mendapati bahwa keluarga ini tiap hari menaruh bawang merah yg dikupas di piring dan meletakkannya di setiap kamar di rumah itu. Ketika ia mengambil salah satu piring dgn metoda bakteriologis yg semestinya, ia mendapati seluruh permukaan bawang itu penuh virus influenza yg sudah inaktif. Bawang merah itu memfokuskan virus ke dalam dirinya, lalu membunuhnya. Bukan hanya virus, tapi juga bakteri, semuanya terkumpul di situ dalam keadaan sudah inaktif/ mati. Beberapa toko yg memasang bawang merah di sekitar tokonya juga terbebas dari serangan epidemi dan mendapati karyawannya lebih sehat. Jadi, tempatkanlah bbrp butir bawang merah yg telah dikupas dalam sebuah mangkuk, tempatkan di kamar tidur dan ruang keluarga, ganti setiap hari, tentu saja, maka anda akan terbebas dari virus dan bakteri. Seorang penderita radang paru berat menjalani perawatan bawang merah sebagai berikut: Sebutir bawang merah diiris kedua ujungnya. Salah satu ujungnya dicocok dgn garpu, lalu tangkai garpu dimasukkan sebuah botol agar dapat berdiri. Taruh di samping ranjang penderita semalaman suntuk, paginya bawang merah berubah jadi kehitaman karena penuh kuman. Buang dan ganti dgn yg baru. Penderita akan lebih cepat sembuh. Bawang merah mentah yg telah dikupas adl magnet kuat bagi kuman, jadi jangan menyimpan bawang merah mentah yg sudah dikupas, walaupun dalam lemari es, kecuali untuk membersihkan bakteri/virus dalam lemari es anda. Begitu pula kentang mentah, setelah diiris atau dikupas mudah sekali dimasuki kuman. Karenanya sebaiknya mengupas bawang merah mentah hanya jika untuk langsung dimasak, bukan untuk persediaan.

pas gw cek, ternyata linknya ada di sini.

Pas gw cerita ke Ayah, doi pengen nyobain juga katanya. Entah deh beneran dicoba ato nggak. Soalnya gw udah bilang ke Ayah, kalo belom sembuh bener, nggak boleh pulang ke rumah. Daripada nularin lagi yang laen kan *istri durhaka*