Tags

, ,

Keluhan kayak gitu banyak gw denger di sekitar gw. Apalagi kalo gw ke rumkit buat kontrol Ifa ato Afa. Dooohhh.. Kuping berasa berasap denger keluhan2 klasik kayak gitu. Kalo komen yang biasa gw terima kalo liat gw pumping biasanya nggak jauh dari: “Iiiiihhh…kok ASI-nya banyak banget sih???”, “Gimana caranya ASI bisa banyak kayak gitu???”, “Kok ASI-ku nggak bisa kayak gitu sih???”. Yah nggak jauh2 dari itu pokoknya. Seneng? Awalnya iya sih. Tapi, kalo tiap mompa dikomen kayak gitu, jengah juga lama.

Makanyaaaa…. *pasang backsound jreng…jreng..jreng…jrengggg* Gw mau mengkonfrontasi kalian2 yang suka ngeluh and komen kayak yang gw tulis di atas.

Buat kalian2 yang ngerasa ASI-nya dikit, PERNAH nggak:

1. Habis2an mompa tiap 2 jam sekali setiap hari di kantor?

2. Bangun malem setiap 3 jam sekali buat pumping even lagi ngantuk berat cos habis lembur and besoknya bangun pagi2 buat ngantor???

3. Tandem nursing antara si bocah sama breastpump?

4. Minum segelas aer putih anget setiap sebelum and sesudah nyusuin?

5. Minum segelas aer putih anget setiap sebelum and sesudah pumping?

6. Minum segelas aer putih anget setiap 1 jam???

7. Gabungin nomor 4, 5, and 6 dalam 1 hari?

8. Makan menu pecel and sayur bayem setiap hari selama 6 bulan???

9. Minum susu Mama Soya 3x sehari?

Gw kasih klarifikasi ya. Begitu gw sadar gw kudu mompa buat nyetok ASIP buat si Afa sama Ifa, setiap 1 jam pasti gw pumping. Tiap malem bangun demi mompa. Tiap anak gw nyusu, PD sebelah gw pompa juga. And di kantor? Jangan ditanya deh. Jam 7.30, jam 8.30, jam 10.30, jam 12.00, jam 13.30, jam 15.00, jam 16.15, gw mompa. Trus sampe rumah gw langsung nyusuin si bocah, tandem nursing sama breastpump. Trus jam 21.00, jam 24.00, and jam 3.00 pagi gw bela2in bangun buat mompa. Masih kurang? Masih. Kalo gw dines, nggak di taksi, nggak di bandara, nggak di pesawat, gw MOMPA! Trus gw yang nggak doyan sayur ini tiap hari makan pecel bayem and toge tiap hari buat bekel makan siang. Kalo bosen paling menunya diganti sayur bayem. Emang cuma sugesti sih sebenernya. Gw juga minum booster macem2. Tapi alhamdulillah it works for me. Trus gw minum buanyaaakkk aer putih. Berliter2 dalam sehari. Kalo toilet bisa ngamuk, kayaknya doi bakalan ngelempar gw pake washer gara2 saking seringnya pantat gw nempel di klosetnya. Hahaha…

Call me obsesive, call me freak, tapi gw lakuin itu semua demi perjuangan gw ngasih ASI buat Afa and Ifa. Hasilnya??? Udah bisa ketebak dong. ASI gw melimpah karena PD gw terstimulasi terus menerus buat memproduksi ASI.

Lalu, gimana dengan komen2 di atas? Menurut gw, gw wajar2 dikasih komen kayak gitu. Toh, memang ASI gw melimpah. Tapi pleaseeee, tolong liat juga perjalanan and perjuangan panjang gw bisa selancar ini dalam memproduksi ASI. Jadiiii, sebelum ngeluh2 ASI kalian sedikit and lalu memandang mupeng kondisi gw sekarang, liat angka 1-9 itu ya. Apakah kalian sudah ngelakuin itu semua???

Siapa bilang nyusuin itu GAMPANG? Hah?! HAH?! HAH?! Perlu perjuangan, cyin. Tapiiii… kalo pengen sukses emang butuh USAHA. Butuh PERJUANGAN. Butuh PENGORBANAN. Sukses nyusuin nggak didapat secara gratis. Sukses nggak didapet secara instan. Butuh BELAJAR and MENDENGAR. Setuju kan?!?!

Awal2 pumping. Siapa bilang freezerku langsung penuh?!?!

Awal2 pumping. Siapa bilang freezerku langsung penuh?!?!

hampir penuh...hampir penuh... SEMANGAD!!!

hampir penuh…hampir penuh… SEMANGAD!!!

dikiiiiitttt lagi. fiuhhhh...

dikiiiiitttt lagi. fiuhhhh…

pintu udah keisi, yeayyy... tinggal rak paling bawah. harus makin SEMANGAD!!!

pintu udah keisi, yeayyy… tinggal rak paling bawah. harus makin SEMANGAD!!!

akhirnyaaa...full 1 freezer :)

akhirnyaaa…full 1 freezer🙂

tahap pengisian freezer ke-2

tahap pengisian freezer ke-2

masih berusaha menuhin freezer ke-2 and semoga tetap istiqomah. Aamiinn...

masih berusaha menuhin freezer ke-2 and semoga tetap istiqomah. Aamiinn…

Alhamdulillah freezer ke-2 rotasinya berputar cepat. Ada beberapa yang membutuhkan so, gw persilakan. Kebetulan ada yang memang bener2 butuh donor ASI. Gw seneng bisa bantuin. Bukan diri gw yang gw banggain, tapi Afa and Ifa. Gw bangga dititipin mereka. Gw bangga mereka telah ngebantu gw untuk bisa tetep semangad, tetep berjuang, ngebantu gw untuk selalu inget kodrat gw sebagai seorang Ibu. Mata Pelajaran yang nggak bakalan pernah selesai gw pelajari. Nggak ada kata lulus, nggak akan ada wisuda, nggak ada cuti, nggak ada libur, dan nggak ada berhentinya, sampai akhirnya.. tiba saatnya gw menutup mata.