Tags

, ,

Bismillah…kuniatkan puasa hari ini, untuk menjalankan ibadah ramadhan tahun ini, karena Allah ta’ala…

Hari pertama puasa, semalam tarawih hari pertama, dan sahur pertama dini hari tadi. Lancar? Alhamdulillah… Bahkan serpres, gw yang biasanya paling rajin bangunin ayah buat sahur, pagi ini ayah yang bangunin gw. Tumben kan. Menu sahur gw nggak mokal2 jadi nyiapinnya super duper cepet (teteup yang nyiapin si mbak tapinya).

Alhamdulillah juga si bocah bangun pas udah mo imsak, so gw bisa lanjutin baca quran nggak pake acara keganggu. Target tercapai dong. 10 lembar bisa gw selesain. Nggak kayak semalem, pagi tadi gw nggal tadarusan sama si mbak. Kalo semalem, habis tarawih kami sempetin tadarusan dan alhamdulillah dapet 5 lembar. Yang gw nggak nyangka, si mbak baguuuuuuuuuuuuuussssss banget baca quran-nya. Gw yang kalo baca cuma lempeng2 aja, nggak pake acara cengkok2 yang gemana geto, eh si mbak bisa loh cengkok2 melengkung lengkung yang gw yakin kalo gw tiruin, aslik bikin tenggorokan gw kesleo, lidah keplintir -___-”

So, insya allah dengan dukungan and bantuan si mbak, semoga niatan buat katam ramadhan ini bisa kecapai. Doain ya, tetemans. Pengen banget bikin napas ramadhan berasa di rumah kami. Napas iman, napas islam, napas khusyuk menjalankan puasa, tarawih, dan ibadah2 malam. Gw sih pengen tarawih di langgar depan rumah. Tinggal ngesot aja sebenernya. Tapiiiii…si bocah asa susah diemnya. Nggak lucuk pan di tengah2 sholat gw batalin gegara si bocah ilang dari pengamatan gw. Hah? Tarawih model apaan pulak itu, sambil sholat mata jelalatan ke mana2 liatin polahnya si bocah. So, liat sikonlah kalo mo tarawih di langgar. Kalo semalem emang nggak mungkin sholat di sana. Wong ujan dereeeeessss… Kesian juga sih liat langgar jadi sepi gitu. Gw sholat di ruang tengah and bisa kliatan dari sana kalo tuh langgar sepi. Ya mo pegimana lagi. Ujan, cuy. Lagian gw juga belom siap pas adzan isya’. Kejebak ujan gede yang bikin gw telat pulang. Ya weslah, sholat di rumah aja. Masih bisa jamaahan sama si mbak kok. Hikmahnya, bisa tadarusan khusyuk di rumah.

Soal khatam quran, emang ya kudu bener2 diniatin. Sebenernya gampang kalo sehari bisa dapet 1 juz. Sebulan juga khatam kan? Tapi kan itu berlaku buat cowok. Beda ceritanya kalo cewek. Coba itung. Kalo pas dateng bulan, berantakan kan jadinya. Belom lagi kalo ada acara mudik kayak gw. Makin kepotong dah harinya. So, setelah mempertimbangkan 2 hal di atas and menghitung dengan tingkat kecermatan dan validitas yang tak diragukan, gw udah bikin target baca quran perharinya. Jadi gini: maghrib 2 lembar, isya’ 5 lembar, tahajud+shubuh 10 lembar, dhuhur 2 lembar, and ashar 2 lembar. Insya allah kalo rumus ntuh gw jalanin, bisa dapet khatam ramadhan ini. Emang sih keberhasilannya ditentukan banyak faktor. Gangguan berupa rapat2, gerecokan si bocah, ngantuk, males, dah jadi tantangan tersendiri. Belom lagi dhuhur di kantor. Niatnya sih mo sholat on time trus lanjut baca quran di musholla. Pas nyampe sana, apa daya, gelap gulita and banyak ikan bandeng gegoleran tidur. Gimana gw bisa mencapai target gw coba?

Mereka sih pada tidur dengan alesan di bulan puasa, tidur itu ibadah. Bodoh. Mereka aja yang nggak tau, tuh hadist sama sekali nggak shahih. Bahkan yang ngucapin itu tukang dusta. So, buat kalian2 yang selama ini ngabisin waktu puasa buat tidur2an apalagi tidur beneran, plis deh dikurangin. Boleh sih tidur, tapi untuk istirahat. Nggak ada ceritanya tidur buat dapetin pahala. Kalo mau dapetin pahala, noh banyakin sholat sunnah, sholat wajib tepat waktu, banyak2 sedekah, bangun malem ibadah *colek diri sendiri*. Jangan tidur muluk. *kok jadi esmoni*

Hmmm…pokoknya sama2 yok baek2 kita jalanin ramadhan tahun ini. Belom tentu ketemu lagi sama ramadhan tahun depan loh. Biar pas di hari penghabisan ramadhan, kita bener2 bisa ngerasain yang namanya hari kemenangan. Duh, bahagianya kalo bisa metik hikmah hari kemenangan itu.

Umur siapa yang tau kan? Belom lagi iman juga siapa yang jamin. Siapa yang bisa jamin sampe ramadhan tahun depan kita masih Islam? Gimana jadinya kalo kita jadi kafir? Amit2… Naudzubillah…