Tags

,

Sudah adakah yang shaum hari ini? Emang ya, penetapan 1 Ramadhan yang beda2 kadang bikin ada yang kurang gitu. Apalagi kalo idul fitrinya juga beda. Duh, sebel. Kenapasih harus beda2? Tapi ya wes lah. Urusan pemerintah sama muhammadiyah lah kalo itu. Dosa mereka juga yang nanggung.

Kalo gw? Make it simple aja sih. Gw ngikut penetapannya pemerintah. Why? Yabwes, gw pan tinggal di tanah Indo. Imam gw sapa lagi kalo bukan pemerintah. Ya to? Ofkors gw juga nanya sama imam dunia akhirat gw. Dan berhubung belio juga ngimam ke pemerintah, so bikin gw yakin mulai puasa besok pagi.

Another reason? Nggak ada. Cuma itu aja. Prinsipnya, selama ini gw hidup dan berpijak serta ngelakuin apa2 kan dari aturan pemerintah. Kalo pemerintah salah, sapa yang nanggung dosa? Ya pemerintah dong. Mana ada gw ngelanggar lampu lalu lintas trus ditilang sama muhammadiyah? Nggak ada cerita kan?

Kita skip deh ruwetnya nyari hilal. Yang pasti, gw senang kalo masuk bulan ramadhan. Gimana nggak coba? Pulang kantor lebih cepet, makan lebih teratur, bangun malem tiap hari, liat acara sahur di tipi, baca quran target khatam, nyari referensi menu buka and sahur di internet. Seru kan? Tapi, berhubung kantor gw kiblatnya juga pemerintah, so hari ini gw nggak ngarep bisa pulang cepet. Paling banter besok baru bisa. Itu kalo nggak berubah kebijakannya, ya. Maklum, bos baru. Sapa tau bikin terobosan2 aneh bin ajaib yang bikin level2 kacung macem eikeh termehek2 nggak bisa buka di rumah.

Yang gw kangenin pas puasa? Sahur and buka di kampung dong. Meski menu sederhana, tapi suasananya itu loh. Dapet banget. Beda jauh sama si kota metropolitan macam Jekardah inih. Di bulan yang harusnya diisi sama ngaji, sholat and ibadah, masih aja puyeng ngurus kerjaan. Dah waktunya istirahat siang and bisa dipake sholat, eh rapat masih belom kelar. Gimana bisa dapet soul ramadhan?

Satu lagi, bayangin nikmatnya puasa di kampung yang bisa bareng2 jalan ke mesjid buat tarawih. Dududuh… I really miss it. Maklum ya. Rumah gw ada di kampung yang mana kalo mo tarawih kudu jalan kaki dulu ngelewatin jalan remang2. Hmmm…nikmatnya. Eh, tapi itu 5-6 tahun yang lalu ya, bo’. Tau deh sekarang gimana. Sapa tau jalanan menuju mesjid udah jadi terang benderang ala madinah or mekah gitu? Who knows? Aslik, gw kangen abis sama masa2 ntuh. Kayaknya ngelewatin puasa di kampung ma di kota ibarat damai versus masa jahiliyah deh.

Another reason. Waktu gw ngalamin puasa pas udah kerja and itu masih di kampung gw, nggak ada tuh yang namanya buka puasa bareng. Yang namanya puasa itu mah bukanya ya bareng2 ma keluarga di rumah. Buat nyokap and bokap, terutama buat gw pribadi, puasa waktunya buat family time. Kapan lagi coba kita bisa duduk bareng makan sama2 pas sahur sama buka kalo nggak pas ramadhan? Di kota nih ya, cek deh. Resto mana yang nggak rame waktu buka? Apalagi deket2 lebaran. Dooooh, kayaknya semua orang pengen tuh buka bareng sama temen2. Entah temen kantor, temen maen, temen hang out, andebre endebra lah. Gw sih nggak masalah ya. Namanya juga menyambung silaturahmi. Why not? Tapi apa kabar maghrib? Apa kabar isya? Apa kabar tarawih berjamaah di mesjid? Huhuhu… Kelewat deh. Sayang kan? Meski cuma kelewat waktunya, tetep aja sayang. Di bulan2 biasa kita sholatnya udah molor2, masa iya di bulan ramadhan ikutan molor juga, padahal stok pahala di bulan ramadhan nggak terbatas. Mosok kita sia2in begitu aja?

Tapiiiiiii…berhubung suka nggak suka gw kudu tetep ngejalanin puasa di kota dengan segala hiruk pikuknya, ya terima aja. Nggak peduli dimana pun, yang penting gimana kita ngejalaninnya kan?

Trusssss, yang bikin gw makin senang, nggak sabar nunggu detik2 menuju mudik. Hahaha… Puasa aja belom, bu… Dah mikir mudik. Top up dulu tuh kualitas puasanya. Ck…ck…ck…

Jadi, buat kalian pilih mana? Puasa di kampung atau puasa ala kota?
Happy fasting to you, all (yang puasa hari ini)