Tags

, ,

Karena ada beberapa rekan yang come and go, hari Jumat kemaren departemen gw ngadain gathering. Tempatnya di Bromo. Secara ye, berhubung direktur gw asliknya dari Malang sono, jadi ya belio yang ngompor2in nih tempat. Katanya bagus, adem and cocok buat recharge kita2 yang jenuh abis kerja.

Rute perjalanan gathering Bromo: Jakarta – Surabaya – Bromo – Malang – Jakarta.

1. Keberangkatan

Woke, kelompok dibagi jadi 2 kloter. Somehow gw masuk kloter 2. So, dari dines ke Bandung gw langsung capcus nuju kantor buat berangkat bareng2 sama temens. Akomodasi berupa bus damri dah nunggu buat jemput kita. Flight jam 20.20, kami dah jalan jam 16.00. Errrrrr… Too early menurut gw. Tapi kata temen2 kloter 1, jalan arah SHIA macet, bo’. Daripada kenapa2, mending brangkat awal deh.

Dan bener, kena macet. Tapiiii…jam 17.30 kurang dah nyampe aja dong di SHIA. What we do? Gegoleran kayak orang ilang di bandara. Hahaha… Bayangin 3 jam lebih kita di bandara. Sampe mati gaya rasanya nunggu boarding. Mana kita turun di terminal 1C karena naek Citilink, yang mana tuh terminal tergolong baru kan. Jadi nggak ada apa2.

Alhamdulillah, Citilink delay 1/2 jam *ngesot merana*. Jadi ya sampe Surabaya lebih malem. Penerbangan lancar, nggak pake acara anjrut2an karena turbulens meski kami brangkat malem. Dan gw dapet seat 17A near window. Yipppiiii. Liat pemandangan waktu take off, luar biasa. Emang ye, gw prefer deket jendela kalo naek pesawat. Bukan apa2, kalo di tengah takutnya sebelah gw cowok guanteng yang bikin gw panas dingin dagdigdug duer *inget laki woi*. Ato kalo dipinggir, gw kesemplang2 orang yang lewat mau vivis *pokus pokus*

2. Menuju Bromo

Jam 22.30 kami landing and EO udah jemput. Langsung kami jalan ke Bromo and brenti sebentar di rest area buat ketemuan sama kloter 1 yang udah nunggu kami di sana.

Rute kami dari Surabaya ke Bromo dipilih lewat … (gw lupa. Pokoknya satunya rute Tumpang). Tosari. Akhirnya inget juga. Hasil bisikan kubikel sebelah juga sih. Nyehehehe… *pikun*

Perjalanan memakan waktu sekitar kurleb 3 jam. Jalanannya bo’ naek turun. Yaeyalah, namanya juga naek gunung *dodong*. Jam 4 kurang, harusnya kami dah sampe di kaki gunung Bromo. Trus dijemput jeep hartop naek ke Penanjakan. Tapi etapiiiii…kurang dikit aja bus gw mogok dongggg. Huwaaaaa…mosok kami jalan kaki sampe di parkiran hartop. Yang boneng aja dong. Jauh, cuy. Tapi daripada kenapa2, akhirnya kami ngalah turun and lanjut jalan kaki. Habwesss, jalanan bakal makin nanjak, sedangkan kopling bus-nya keok. Daripada ngegelondor kan, mending kami jalan dah.

Berhubung kata EO di luar bakalan dingin, di bus gw dah ganti kostum. Pake sweater didobel jaket. Alhamdulillah meski nggak pake jaket yang tebel2 amat, kebantu banget sama sweater yang gw pake di dalem jaket. Angeeeettt. Bagusnya lagi, pas kita kluar, eh ternyata driver hartop berbaik hati jemput kita di lokasi bus yang mogok. Syukurrrr, nggak jadi jalan kaki kami.

Naek hartop jadi pengalaman tersendiri ya buat gw. Mesinnya itu loh. Kuat abis. Naek ke penanjakan yang bener2 nanjak, enjoy aja tuh mobil and drivernya. Belom lagi jalanan yang ngeliuk2. Salut sama drivernya. Levy gw pasti dah keok dah kalo disuruh naek.

So, sekitar 1/2 jam naek hartop, sampailah kami di penanjakan…

3. Bromo

Dari penanjakan, kita harus naek ke tangga untuk sampe di puncak penanjakan buat liat sunrise. Yang nggak kuat jalan kaki, bisa sih naek ojek. Tapi karena udaranya dingin, gw milih jalan kaki aja biar sampe di atas, badan tetep anget.

Dan here we go…detik2 penantian sunrise dihitung. Jangan harap bisa bebas liat sunrise ya. Soalnya puenuh sama wisatawan asing sama lokal. Harus dengan perjuangan biar bisa dapet spot bagus buat liat sunrise and foto2 dengan hasil yang maksimal. Gw bela2in ngerayap gelap2an sampe deket WC demi bisa liat sunrise. And buat dapetin spot poto yang oke, gw sampe manjat2 pager pembatas. Untung ada bos gw yang jago motret. Dese dah berdiri tegak nantangin matahari nangkring di pager pembatas. Syukur ada dese. Jadi dese nolonging gw naek ke pager.

Daaaaaaan…gak sia2 usaha gw. Nggak ada kata yang bisa menggambarkan indahnya sunrise and cantiknya Bromo kecuali mengucap Subhanallah. Indah dan cantik. Luar biasa. Belom bisa move on pokoknya. Dinginnya puncak Bromo plus liat semburat warna merah orange puncak Bromo disinari mentari pagi, duuuuhhhh baguuuuussss. Pemandangan luar biasa ini makin sempurna dengan meletusnya merbabu. Duh, bikin makin cintaaaah.

semburat merah mentari

bromo di pagi hari. so beautiful...

bromo di pagi hari. so beautiful…

4. Bukit Teletubbies

Next trip setelah penanjakan, kami menuju ke Bukit Teletubbies. Cukup 20 menit dari penanjakan. Begitu sampe di sana, langsung deh disuguhin bukit2 hijau bergunung2. Keyeeeennn. Disebut bukit teletubbies cos bentuk bukitnya bulet2, mirip rumahnya teletubbies. Sayang deh, matahari dah mulai tinggi. Panas mulai berasa. Gw yang pake sweater plus jaket berasa duile gerahnya. Kami nggak lama di sana. Paling cuman 1/2 jam. Habis itu naek lagi ke jeep for the next trip.

bukit teletubbies

kereeeennnn....

kereeeennnn….

5. Pasir Berbisik

Nggak pake lama naek hartop, kami sampe di lokasi Pasir Berbisik. Nggak terlalu jauh kan dari lokasi bukit teletubbies.

Bener2 padang pasir ala Indonesia. Lokasinya luassss. Dan yang bikin amazed ketika tiba2 kabut turun. Padahal cuaca cerah. Kabut turun bergulung2 kayak badai. And udara yang sebelumnya berasa panas, langsung dingiiiinnn meski matahari tetep bersinar. Pas kabut bener2 dateng2, jeep hartop sampe nggak kliatan ketika menembus kabut. Pokoknya satu kata, kereeeeen. Cuma sayang, karena angin nggak bertiup kencang, nggak kedengeran si pasir berbisik.

ssssttttt...pesona pasir berbisik

ssssttttt…pesona pasir berbisik

ketika kabur datang. wusssshhhh....

ketika kabur datang. wusssshhhh….

Di sini gw makan nasi box yang dibagiin EO buat sarapan. Sebenernya habis itu langsung lanjut ke kawah bromo. Tapi kata EO, dah terlalu siang and kita harus cepet2 turun balik ke bus, kuatir jalan menuju Batu Malang macret. So diskip deh. Padahal gw dah bela2in makan cepet2. Hiksss…

Eh, pas kami dah turun, ternyata bos2 gw pada ke kawah bromo. Errrrr… Jadi nunggu mereka deh. Nyesel nggak nekat naek. Toh sama aja nungguin bos2 yang belom pada dateng. Iri denger cerita si bos kalo pemandangannya super duper asoy.

Hmmm…kayaknya itu aja deh cerita perjalanan gw ke Bromo. Untuk trip ke Bromo menurut gw wisata yang lumayan ngerogoh kantong ya. Dengan asumsi kita backpacker and nggak kenal nobody there, kita kudu siapin akomodasi pesawat Jakarta-Surabaya ato kalo mo lebih deket, naek dari Jakarta-Malang tapi pilihan jam and maskapainya sedikit. Kemaren gw naek Jakarta-Surabaya pake Citilink cos nyesuaiin waktu.

Habis itu, masih harus carter kendaraan buat nuju penanjakan. Jalur yang dipilih bisa lewat Tosari or Tumpang. Sampe di sana, kita kudu sewa hartop cos mobil biasa nggak bakal bisa naek. Nggak papa sih asal loe kuat nyurung mobil loe pas mogok. Sampe disana, kuatin fisik cos harus jalan kaki ke puncak. Masih untung kalo hartop loe parkir deket tangga. Kalo jauh2 siap2 napas ngos2an cos di ketinggian segitu, oksigen makin tipis and bikin kita gampang capek. Kalo nggak mau ribet bisa naek ojek. Murah sih. Ceban doang. Tapi nambah cost juga kan? Belom kalo mau nginep, harus siapin dana lebih buat sewa rumah penduduk. Itu aja sih akomodasi yang harus disiapin dananya. Nambah2nya paling buat makan and cemilan. Oya, di sana jarang ada kamar kecil ya. So, jangan banyak2 minum kalo nggak mau beser. Siapin aja pampers for adult. Lumayan ngebantu kok. Meski jadi kayak balita, nggak papalah. Daripada ngompol kan?

Posting selanjutnya trip to Batu Malang, BNS, and acara petik apel. Yang pasti nggak nyesel deh. Kebayar capek and pegel2nya. Bener2 kecharge ni badan. Oke, siap2 nulis buat postingan selanjutnyaaaaaa…. Tunggu ya, kakaaaaakkk!!!