Tags

, ,

Gw pernah denger, salah satu memori anak yang akan diingat ketika besar adalah masakan yang dibuat oleh ibunya.

Bener nggak sih? Yang pasti ketika gw beranjak dewasa bahkan sampe sekarangpun, gw paling inget kalo dimasakin nyokap sayur sop sama kering. Kalo sayur sop pasti dah pada tau kan. Nggak ada yang istimewa sih dari sayur sop bikinan nyokap. Isinya sederhana banget. Cuma kubis, wortel, seledri sama daun bawang. Buat lauknya, nyokap cemplungin juga potongan ayam.

Yang bikin spesial tuh kering bikinan nyokap. Kering terbuat dari potongan tempe and kentang yang diiris tipis2 trus digoreng. Habis itu dimasak pake bumbu manis trus dicampur sama kacang tanah goreng. Kalo nyokap pas ada duit, dicampur juga sama teri kecil2.

Rasanya? Duh, jangan ditanya deh. Manis, legit, pedes, jadi satu. Apalagi kalo makannya sama sayur sop. Duh, lengkap deh makanan surga.

Waktu kecil nyokap berkali2 bikin menu itu buat makan siang gw. Bahkan pernah, kalo nggak salah waktu gw TK, pulang sekolah menu makan siang gw sop sama kering ntuh. Gw makan lahap bener. Nambah 4x sampe dimarahin nyokap. Katanya gw makan dah kebanyakan. Entah waktu itu emang gw makannya overdosis ato emang nyokap lagi irit nasi, tau deh. Bahkan gw masih inget baju yang gw pake waktu itu lho. Kaos singlet sama CD doang. Errrrr….

Begitulah. Sampe gw nikah pun, kalo nyokap pas maen ke rumah and beliau lagi nggak capek, gw pasti minta dimasakin itu. Kangen aja. Meski gw bisa bikin sendiri, tetep aja rasanya beda kalo yang bikin asli dari tangan nyokap. Sayang, nyokap sekarang dah males2an bikin kering. Cos printilan2nya banyak and persiapannya ribet. Makanya kudu ngeluarin jurus bujuk super maut biar nyokap mau bikin.

Bahkan kering jadi andalan lauk gw waktu ngekos dulu loh. Sampe bela2in minta nyokap maketin kering yang ditaro di stoples. Hmmm…nyam nyam.

See, emang bener ya. Masakan is a legacy. Bagaimana dengan gw? Maunya gitu juga. Tapi apa daya. Si bocah susah banget makannya. Pengen gw bikinin kering, tapi si bocah belom bisa makan. Paling sayur sopnya aja. Itu pun kadang mau kadang nggak. Belom waktunya kali ya. So, buat sekarang gw nikmatin goreng telor ceplok aja buat makanannya si bocah.

Meski cuma telor, jangan remehin telor ceplok ya. Si bocah sama si Ayah 11 12 soal telor ceplok. Mereka doyannya telor ceplok yang pinggiran putihnya itu gak kering alias tetep basah, tapi bagian kuningnya well done. Nah loh, susah kan. Butuh berkali2 nyoba sebelum gw gape bikinnya. Awal2 pinggirnya masih basah, tapi kuningnya masih mentah. Berikutnya, kuningnya dah mateng, giliran pinggirnya jadi keripik @_@ Emang learning by doing tuh bener adanya. Lama2 bisa juga bikin telor sesuai paporitnya si bocah and ayah. Apalagi si bocah, paling seneng kalo telornya dipotong agak panjang trus bisa disedot kayak mie (plis jangan tanya saya dapet darimana ide makan telor ala mie via Afa)

Jadi kesimpulannya, makanan favorit apa yang gw wariskan ke si bocah and kekasih hati tercinta? Jujur belom ada. Gw masih dalam tahap pencarian jati diri di kasus ini. Pengennya sih si bocah ato ayah kelak tetep inget sama masakan yang gw bikinin buat mereka, even udah bertahun2 kemudian or gw udah nggak disamping mereka lagi.

Sekarang mulai coba2 resep yang gampil and enak buat kekasih tercinta yang pulang minggu ini.