Tags

, ,

Kalo semisal loe dipinjemin duit dengan sistem soft loan and aslik bunganya rendah and di lain pihak, loe juga punya utang dengan bunga belasan persen, apa yang loe lakuin?

Pilihannya: loe pake sistem tutup lobang gali lobang or loe manfaatin softloan yang loe dapet buat yang laen.

Aslik gw bingung waktu ditanyain soal ini. Yabwesss, kalo softloan dipake buat lunasin utang yang belasan persen bunganya alias gali lobang tutup lobang, sama aja loe kagak nikmatin softloan loe dong. Emang ada enaknya sih. Utang loe jadi tinggal satu. And loe cuma kebebanan bayar cicilan satu doang.

Pilihan kedua yang manfaatin softloan, oke juga menurut gw. Softloan bisa dipake buat beli sesuatu yang sifatnya investasi. Susahnya, utang loe jadi dobel. Loe punya 2 utang which are softloan and utang bunga belasan persen yang setiap bulan kudu loe cicil. And lain lagi jadinya kalo tetep maksain terima softloan and loe belom tau mau invest apaan. Susye kan ya, bo’?

Kondisi di atas hanyalah ilustrasi belaka. Kalopun sampe gw bener2 ngadepin kondisi itu, believe me, gw juga nggak tau mo milih yang mana. Kalo boleh sih, softloannya dikasih gretong aja sekalian. Invest jalan, cicilan jalan jugak. Nyehehe. Lagian, sapa pulak yang mau minjemin gw duit sebanyak ntuh. Ada gitu orang baek hati and welas asih yang rela bagi2 jaman gini?

Abaikan postingan galau kali ini. Gw deg2an takut dicalling sama bos cos gw cabut cepet2 dari kantor ini. Meleleh aja kalo tau2 gw dipanggil balik ke kantor.