Tags

, , ,

Kemaren sore, bisa dibilang perjalanan pulang gw yang paling mendebarkan. Bukan karena gw hampir ketahuan gara2 nyopet lho ya, tapi gw ketinggalan dompet. Duuuuhhh, syusye ye, bo’. Mana gw baru nyadar pas dah mau sampe stasiun.

Matilah. Gimana gw mau beli tiket kereta coba? Balik lagi ke kantor? Gak mungkin ah. Dah mo maghrib juga. Mo pulang jam berapa gw kalo harus balik dulu ke kantor?

Akhirnya nekat aja dong gw lanjut perjalanan ke stasiun, sambil iseng2 rogoh2 kantong di tas. Seinget gw, uang receh kembalian tiap gw beli tiket, gw taro di situ. Sep, amanlah. Pas gw ambil, segenggam uang receh ada di tangan. Pikir gw, bodo ah diketawain sama petugas loket bayar pake koin 500an. Yang penting gw bisa beli tiket and pulang nggak terlalu malem.

Langsung gw itung dong total receh yang gw punya. Hasilnya? Eaaaaa…cuma ada 7 rebu, sodara2. Padahal harga tiket komuter bekesong 8500. Kampfret. Dapet dari mana gw duit 1500 perak? Gw ubek2 tas gw kagak nemu juga tuh sisa2 receh. Waduh. Mana nggak ada yang gw kenal.

Ada sih duit 300 perak. 200an sebiji sama 100 sebiji. Tapi tetep aja dong, kurang. Mosok gw ikut2an ngemis sama bapak2 yang ada di tangga stasiun? Percayalah, ide ini sempet melayang di benak gw -___-”

Antrian makin pendek dong. Sebentar lagi giliran gw bayar. Aslik, dah makin panik. Mosok gw minjem sama petugas loket? Bilang, “Maaf, mbak/mas. Dompet saya ketinggalan. Bisa pinjem or minta 1500?” Mau ditaro mana muka gw? Aje gile. Ancur dah harga diri.

Tapi emang ternyata ya, disetiap kepepetan ada aja ide yang keluar. Giliran gw bayar, kok ya kepikiran beli tiket EKONOMI. Yups, maapkeun kelicikan keterpaksaan gw. Yabwess, mau gimana lagi. Dah gak ada jalan laen. ATM ada sih. Tapi kartunya ada di dompet gw.

Cukup bayar 1500 perak, tiket dah ada di tangan. Jangan tanya deg2annya gw kala itu. Gimana gak sutris coba. Kalo ntar ada pemeriksaan tiket di kereta, kenalah gw.

Kemungkinan bagusnya, gw cuma disuruh turun di stasiun terdekat. Kemungkinan terburuk, gw disuruh bayar suplisi yang mana di kantong gw cuma ada duit 5500 perak. Tambahan dari semua itu, malunya gw cukup buat bekal gw makan sampe pangsiun ntar @_@

Gw sempet menghibur diri sendiri sih. Jam 6 kurang gini harusnya kereta bakalan rame and penuh penumpang. Dan harapan gw nggak terkabul dong. Kereta sepi, bo’. Wedew, da dig dug der dah pas kaki melangkah ke gerbong. Mata jelalatan liat sikon ada petugas kagak.

Syukur alhamdulillah, gw selamet sampe rumah tanpa harus mengalami deportasi dari kereta. Aslik, kaki jantung tangan hampir copot gara2 deg2an abis di dalem kereta. Makasih ya, Allah. Engkau telah memudahkan hambaMu ini pulang. Besok2 kagak lagi dah kayak gini. Kapok…

Pelajaran yang gw dapet dari situasi kemaren: prepare duit di luar dompet. Jangan taro duit semua di dompet. Trus Jangan ditiru kelakuan gw kemaren ya, tetemans. Deg2annya itu lho. Ngelebihin waktu dilamar. Yaeyalaaahhh. Dilamar kan enak. Kok dibandingin sama ditendang dari kereta *sabet sapu berjamaah*