Tags

, , ,

Stop…stop. Sebelum kalian ngerajam and nimpukin gw pake bata secara berjamaah, dengerin dulu penjelasan gw dong. Ibu yang gw kamsud di atas bukan nyokap gw tercinta yah. Kalo bener, bisa2 gw dipecat jadi anaknya belio.

Ibu yang gw maksud tuh, tante2 nggak penting yang kelakuannya minus strip sepuluh yang bikin idung gw mampet, perut melilit, kepala melintir (oke, lebay), tapi gw pengen nulis tentang dese. Sapo seh doi? Entah #gubraks. Gw ketemu doi pas gw lagi belanja di Giant. Acara belanja yang sebelumnya berjalan damai sentosah jadi ternoda gara2 dia #sigh

Awalnya sih sepele. Dia ngerasa antreannya diserobot sama suami gw. Gw sih nggak liat pastinya ya. Gw kira malah si tante sengenyeh itu temen suami gw. Lha wong kayak ngobrol biasa plus doi bilang alhamdulillah segala dari gerakan mulutnya. Gw cuma liat dari jauh, wong gw baru ngambil snack buat cemilan nyokap di rumah. Pas gw tanya ke ayah saposeh si ibu ntuh, barulah terungkap tabir misteri identitas si canceh ababil.

Berhubung sama2 bawa suami (maksud gw, si ibu bawa lakinya and gw bawa ayah), akhirnya si Ayah menyingkir. Males ribut katanya. Iya juga sih. Mending kalo ibunya cakep bohay asyek diliat. Lha ini pemandangannya tak indah nian. Suami gw makin malez lah. Sebenernya Ayah bisa sih mandang gw sepuasnya. Tapi aura gw kayaknya nguap diterpa badai gegara deket2 sama tuh boibo.

Sebelum si Ayah pergi, sempet gw tanya ada masalah apaan. Kok si canceh nggak genah heboh bener cerita tentang kami berdua #GeEr. Barulah si Ayah cerita (sambil bisik2 cecunyah biar tuh boebo kagak kegeeran), kalo tadi sempet agak ribut sama tuh boebo. Menurut gw cemen banget sih. Si ibu dah antri duluan and berhubung suami gw nggak liat, ya suami gw maen antri aja. Okelah di kasus ini emang suami gw kudu ngalah. Masalahnya tuh boebo ternyata belon selesai belanja. Sejak kapan coba kita ngantri duluan padahal temen ato lakinya doski masih sek asek belanja? Kalo gitu mah ambil tiket antrean aja sekalian. Payah. Tapi it’s okelah. Toh pas suami gw ngantri, gw juga belom selesai belanja. Jadi daripada suami gw ngeyel and jatoh2nya kondisi kami sama kayak ibunya, ya mending ngalah dong (meski gw kagak terima juga sebenernya).

Oke, gw kira kasus selesai dong. Si ibu dapetin apa maunya, suami gw dah melipir pergi. Nah, masalah ada lagi pas suami si ibu ntuh keluar dari barisan buat errrrrrrr…nimbang belanjaan. Eaaaaaaa…ternyata mereka beli buah kiloan and belon pada ditimbang. Jadi, suami ibu2 itu ngibrit lari2 mo nimbang. Mana belanjaan si tante udah mulai diitung pulak. Gw sih nyantei aja. Pokoknya kalo sampe belanjaan tuh tante2 sengenyeh dah diitung and suaminya belon balik juga, gw nggak mau tau, pokoknya di closed aja itungannya. Biar kiloannya diitung terpisah. Biar tau rasa. Nyehehehe… *ketawa setan*

Dan bener loh. Sampe belanjaan tuh emak2 slesai diitung, lakinya belom balik juga. Nah kan…nah kan. Apa gw kata. Langsung dong gw laksanain strategi yang dah gw rencanain. Gw suruh aja si mbak kasir buat nge-closed itungannya dengan alesan banyak orang yang ngantri.

Dan seperti yang bisa ditebak, sodara2. Si maknyak ngamuk2 ngedumel nggak keruan. Ya gw sih tutup kuping aja. Dengan santainya gw mindah2in belanjaan gw dari trolley ke meja kasir. Eh, ngedumelnya makin jadi loh. Gw dibilang anak muda jaman sekarang nggak tau sopan santun, suka ngedesak barang belanjaan, nunggu sebentar nggak sabaran and debre endebre. Ya gw kayak rumangsa, ya diem aja dwuong *kuping tuli* Biarkan si tante anjing menggonggong, si cantik tetap tersenyum.

Kayaknya doski makin manyun sama diemnya gw deh. Yabwes gimenong dong dong dong. Nggak mungkin gw turunin derajad gw serendah derajadnya. Ya kan? Yoi mamen. Lagian kalo gw kepancing, brarti omongan dese bener dwuong. Padahal nggak bener loh.

Satu, gw bukan anak muda jaman sekarang. Udah emak2, cuy. Dua, gw nggak desek belanjaannya kok. Jelas2 belanjaan doi udah kelar diitung. Biasa dong kalo kita taro2 barang di meja kasir demi efisiensi waktu. Ya kan? Ya kan? #maksa.com Ketiga, jelas2 yang antri dibelakangnya dia banyak. Wajar dong permintaan gw biar dihitung duluan yang udah kelar. Salah sendiri nggak ditimbang dari awal. Selama ini belanja dimana aja, bu? Pasar???

Nah, pas di-closed sama mbak kasir, eh lakinya si tante dateng. Yaaaa, kuciwa dong gw. Padahal gw ngarepnya tuh laki kesrimpet, kesandung, kejungkal, kejengkang bakalan dapet antrian panjang so jadi lama baliknya. Akhirnya keitung juga tuh belanjaan, meski 2x ngitung si mbak kasirnya.

And tuh tante belom mingkem juga loh mulutnya. Kebanyakan ludah kali ya. Jadi pelumasnya banyak so bisa ngomong panjang. Lha gw? Habis kena campak, tenggorokan radang, kepala kliyengan, mulut sariawan. Bah, males bener dengerin tuh tante ngoceh2. Mbaknya Afa mah cuma senyam senyum doang liat gw yang tiba2 tuli.

Terakhir2, mungkin sangking keselnya gw diem muluk, si tante sengenyeh bilang gini, “Ya, moga2 ibunya mbak nggak diginiin sama yang laen ya!”. Gw spontan bilang amin dong. Didoain baek2 gitu, sapa yang bisa nolak coba? Eh, langsung bungkem dia. Baguslah.

Sayang, doi udah terlanjur pergi pas gw denger dia bilang, “Pake jilbab kok kelakuan kayak gitu”. Padahal kalo dia masih di sebelah gw, di nyonyah bakalan dapet bantingan mesra dari gw loh. Belom lagi dapet ketjupan basyah dari kepalan tangan gw. Duh, sayang seribu sayang dese dah ngacir duluan.

Plis deh tante. Jangan bawa2 jilbab saiyah dalam masalah anda. There’s no relation between your problem and my hijab. If I didnt wear my hijab, udah dengan senang hati saya akan berbagi stok bogem mentah yang saya punya untuk anda. Tapi you’re so lucky ketika anda bertemu saya, saya sedang berkerudung. Kalo nggak, tau deh gimana naseb anda sekarang. Lagi operasi plastik kali ye?!

So, pulang dari belanja si Mbaknya Afa ketawa guling2 di mobil and dengan hebohnya cerita ma suami gw. Suami gw senyum2 simpul aja sih nanggepinnya. Tapi jangan salah, ada kilat bangga di matanya coz istrinya yang sholehah ini pinter nahan diri and bikin si tante kehausan kekeringan ludah.

Begitulah. Lumayan buat hiburan di malem minggu. Gw lagi bete gegara menderita radang and sariawan akut sepanjang long weekend kemaren. Tersiksaaaaaa…

Nb: sayang gw nggak poto si tante. Nyesel juga nggak ngerekam ocehan doi. Padahal lumayan buat ringtone henpon #tsah