Tags

, , , , , ,

Pernah nggak kalian ngalamin disindir sama Bos kayak gini, “Tuh liat si A. Dia rajin banget. Tiap hari dateng paling pagi, pulangnya paling malem. Dicontoh dong!”. Gimana reaksi loe pada? Kalo gw sih, males banget dengernya.

Kenapa sih stigma pegawai teladan selalu diidentikkan sama pegawai yang hobi lembur? Apa kabar pegawai yang suka pulang on time? Apa gegara pulang on time trus nggak bisa disebut pegawai rajin? Bisa sih, rajin pulang cepet. Nyahahaha….

Menurut gw, stigma kayak gitu wajar2 aja sih. Tapi tetep dong diliat juga dari berbagai sudut (cie, bahasanyah). Kalo emang si A itu dateng pagi pulang malem and kerjaan selesai, it’s oke lah bisa dicontoh *colek si abang*. Lain dong ceritanya kalo si A datengnya siang trus pulangnya malem. Ya emang seharusnya gitu kaleeeee. Udah dateng siang kok maunya pulang tenggo. Ngaca cyin, ngaca. Apalagi kalo kerjaan nggak beres. Dooohhh, apakah pulang malemnya dese bisa jadi panutan? TeIDeAKa alias tidak alias ogah gw jadiin doi panutan. Apa coba bedanya doi sama tipe pegawai yang dateng pagi pulang cepet? Sama aja kan? Sama ah #maksa

Dari analisis sotoy gw, orang kantoran bisa dibedain jadi beberapa tipe loh. Nih, gw kasih tau.

Tipe pertama. Kayak si A itu. Dateng pagi pulang malem and kerjaan selesai. Duh, bos2 pasti seneng kalo dapet anak buat macem ini. Sapa coba yang nolak? Kalo perlu kerjaan si bos dikasih ke dia juga. Tinggal terima beres dah. Toh, hobi pulang malem juga dia. Jam pulang mundur sejam 2 jam okelah ya, demi selesai kerjaan.

Tipe kedua. Dateng pagi, pulang malem and nobody knows what he/she’s doing all the day. Orang kayak gini sih kerja cuma buat pencitraan doang. Apalagi kalo punya anak buah. Duh, bisa kerjaan turun semua ke bawahannya dese. And dia sendiri? Entah. Sok sibuk aja ngerjain dunno what.

Tipe ketiga. Dateng pagi pulang cepet and kerjaan selesai. Nah, ini menurut gw yang namanya pegawai teladan. Bener2 menguntungkan semua pihak. Bayangin aja, doi bisa bikin irit listrik cos efisien banget, begitu kerjaan slesai langsung cabut. And si bos pasti seneng dong kerjaan nggak numpuk and selalu ready di mejanya dia tiap sore. Enak juga ya kalo beneran bisa dapet anak buah macam gini.

Tipe keempat. Dateng pagi pulang cepet and kerjaan? Dunno dah. Orang kayak gini mungkin lagi cepirit ngedrop spirit kerjanya. So, mungkin pulang cepet demi mencari jati diri #tsaaaahhh

Tipe kelima. Dateng siang pulang malem. Udah gw bilang sebelumnya kan. 11 12 lah sama yang dateng pagi pulang cepet. Emang konsekuensinya doi dateng siang ya pulangnya pasti malem. Bener to?

Tipe keenam. Dateng siang pulang cepet. Menurut loe??? Everybody wants it. Rite? Siapa juga yang nggak mau? Apalagi kalo nggak usah ngerjain apa2. Huhuhu… Gw juga mau itu mah. Sebenernya nggak masalah juga sih. Mungkin di otak orang2 macem nie tuh, asal kerjaan kelar, ngapain juga lama2 di kantor. Mending clubbing cari obyekan lain yang lebih menguntungkan #eh. Menurut gw ada benernya juga sih ya orang2 ini. Toh dia nggak ngerugiin perusahaan coz kerjaan rampung. So, malah bagus kan? Kewajiban jalan, senang2 nggak ketinggalan. Alangkah senangnya. Kalo orang kayak gini ada di kantor gw mah, yang ada senang2 lama2 nggak jalan, coz karir nggak naek2 karena kebiasaannya yang ajaib #sigh

Dari semua tipe yang gw sebutin di atas, entah udah mewakili semua tipe ato belom, yang pasti tujuan sebenernya dari kerja itu adalah nyelesaiin kerjaan yang dikasih sama si pekerja. So, kenapa hari gini masih ngeributin and ngebeda2in karyawan gara2 pola jam kerja mereka? Nggak fair ah. Jangan terus disamaratakan karyawan yang pulang malem pasti kerjanya bagus. Trus karyawan yang pulang ontime dibilang males. Liat dulu dong. Si karyawan ini apa motifnya pulang malem. Jangan2 dese pulang malem emang mau memanfaatkan fasilitas kantor demi kelangsungan bisnisnya dia. Bisa aja kan? So, jangan liat prosesnya. Tapi liat hasil akhirnya. Karyawan yang kliatan sok sibuk tapi nggak nghasilin apa2 mah menurut gw nggak mutu banget. Mending punya karyawan yang kalem tapi kerjaannya bagus abis, nah itu baru oke.

Ehm, termasuk golongan yang manakah eikeh? Gw mah mending dateng pagi trus pulang cepet daripada gw dateng siang tapi pulangnya malem. Ogah ah. Gw mending bawa kerjaan ke rumah and gw kerjain malem2 daripada lembur2 di kantor. Yabwesss, di rumah kan lebih enak. Bisa disambi nonton tipi, nyemil ini itu, kalo capek bisa ndelosor, sambil ngeliatin si bocah tidur. Duh, syurgaaaa >.<