Tags

, , ,

Hari Sabtu si bujang demam (again). Gw curiga karena kecapekan ikutan trial baby class. Review baby classnya si bujang gw posting terpisah aja deh. Takut kepanjangan malah nggak pokus.

Nah, entah emang karena kecapekan ato gara2 pileknya ato karena si bocah hari ini gw ajak jalan pake motor and neraka lagi bocor alias puanasss beneur, nah si bocah demam deh. Gw sih nggak masalah ya. Masalahnya, si bocah tuh susah banget minum obatnya, even itu parcet sirup yang manis and gw udah tambahin sukrosa. Teteup ya, bo’ gak masuk sama sekali. Dulu mah tinggal dicekok aja. Lha sekarang udah nambah pinter, tiap dicekok eh dimuntahin lagi. Terakhirnya malah muntah beneran. Untung yang keluar cuma lendirnya, bukan makan malemnya yang gw udah suapin.

Duh, sutrisna gw. Kuatir aja kalo malemnya si bocah makin tinggi. Pas gw ukur sih awalnya nggak tinggi2 amat. 38 sumting. Belum kena di 39 dercel. Cuma biasanya, pengalaman2 sebelumnya, makin malem, demamnya makin tinggi. Duuuhhh, mana si Ayah nggak ada. Si Mbak sih udah gw mintain tolong bikinin ramuan bawang merah buat diolesin biar badannya si bocah anget. Tapi gimana soal nurunin demamnya, masih puter otak gw.

Untung gw inget soal kompres. Iseng aja gw taro air anget di baskom trus gw tawarin kompres pake anduk kecil ke bocah. Alhamdulillah si bocah bilang mau. Sebelum2nya kan nggak mau sama sekali. Pas gw tempelin di dahinya, si bocah langsung bilang enak trus mejamin mata sebentar. Mungkin pusing banget kali ya. Makanya dikompres pake aer anget bikin berkurang pusingnya. Alhamdulillah habis itu gw kompres trus gw pijitin tangan and kakinya, trus bablas bobok dia. Masih gw bolak balik kompresnya sih. Biar tetep basah keningnya. And syukur, habis nyusu, trus gw taro di kasur sambil masih tetep gw kompres, si bocah langsung keringetan. Demamnya udah turun. Moga2 besoknya udah baikan lah. Malemnya gw mo terus pantau. Jangan sampe naek lagi suhunya. Kesian kan. Apalagi si bocah susah minum obatnya. Harus cari cara selain obat yang bisa bikin turun demamnya and bikin dia tetep nyaman. Toh dari info yang gw dapet, demam tiu bukan sesuatu yang ditakutim. Malah ketika demam, berarti tubuh si kecil lagi berperang ngelawan virus yang masuk ke tubuhnya. Nah tugas gw mantau kondisinya tetap stabil.

get well soon, my 'lil boy

get well soon, my ‘lil boy

Nah, siapa bilang gw anti sama tradisional. Sama sekali enggak kok. Bawang merah, mijit memijit, kompres, masih gw lakuin and ikhlas2 aja tuh gw terapin ke bocah. Tapi gw nggak mau terjebak di pengobatan tradisional. Tetep pake akal sehatlah. Jangan sampe malah anak gw kenapa2 ntarnya. Soal mijit, gw bisa lakuin sendiri and si bocah nurut kalo emang dia capek. Jadi kenapa maksa2 si bocah mau dipijit dengan alesan kita ngerasa si bocah emang perlu dipijit? Trus pake ke dukun pijit segala? Ogah ah. Gw yakin anak2 juga punya insting kok kapan dia ngerasa nggak nyaman. And kita gw sebagai orang tua tinggal ngilangin ketidaknyamanannya si bocah sesuai permintaannya dia. Kalo emang nggak perlu ya nggak usah ngoyo kan. Dan soal kompres, bukan berarti gw trus menomorsatukan kompres sebagai penurun demam. Dan bukan berarti juga gw nggak kasih parcet kalo anak gw demam. Liat sikonnya dulu dong. Kalo emang demamnya si bocah bisa turun dengan kompres tanpa minum obat, ya syukur. Tapi kalo kudu minum parcet ya hayok aja. Cuma susahnya itu lhoooo. Ada nggak sih obat penurun panas bentuk tablet yang bisa gw gerus trus gw campur air. Paling nggak minummya lebih gampang kan, soalnya cuma gw campur pake aer sesendok. Parcet sirup sekarang dosisnya 5 ml, belom termasuk sukrosa buat campuran. Banyak banget bo’. Nggak bisa sekali minum doang. Kalo ada parcet tablet buat bocah, gw mau banget dah. Yang pasti, gw nggak bakal langsung kasih antibiotik kalo anak gw demam. Gila aja, belom ketauan demamnya gara2 apa langsung disosor antibiotik. Maen tembak aja. NEY!!!