Tags

, ,

Sebulan belakangan ini gw dag dig duer masa si bocah. Entah kesambit apa, tau2 bener2 stop nggak mau minum ASIP yang udah susah payah dengan tetesan darah gw peres buat diminum pas gw tinggal ngantor ato dines. Tapi etapi, dengan suksesnya dia nolak mentah2. Nggak mau minum blas. Mending minum aer putih ato teh. Errrr… Pengen dah gw tendang kulkas 2 bijik di rumah. Yabwessss…gw pan nggak siap kalo ASIP sekulkas mubadzir dibuang percuma. Kalo mo didonorin, umur anak gw udah mendekati 2 yo. Emang masih ada yang mau terima donor ASIP anak umur 19 bulan? Huhuhu… cedihhh…

Gw cari2 sebabnya sampe sekarang belom ketemu juga loh. Sampe panik rasanya. Sampe gw rasain, gw cium bau-nya masih normal. Malah hampir tak berbau sama sekali. So what’s wrong, man!!! Nyokap sih sempet ngademin gw bilang, “Udahlah nggak papa brenti minum ASIP. Toh masih nyusu juga. Lagian udah hampir 2 tahun” WHATTT?!?! Gw mah pengennya si bocah selaen tetep nyusu ma gw, doi juga tetep mau minum ASIP. Kenapa oh kenapa…

Mulai nggak doyan ketika dia ditinggal mbak-nya pulang kampung. Sehari sebelum si Mbak pulang kampung, dia masih lahap tuh minum ASIP. Habis itu dipegang sama nyokap mertua. Langsung drop minumnya. Tapi masih masuk barang 150 ml. Habis itu gw, Ayah sama si Bocah pulang kampung liburan sekalian anter nyokap mertua sama adek ipar gw pulang. Seminggu ful si bocah nyusu gw. Balik ke Jekardah, eaaaa…malah mogok nggak mau minum ASIP sama sekali. pas itu si bocah gantian dipegang sama nyokap gw. Hadehhh… Bingung 7 keliling. Sempet mau sih disuapin sama adek gw dicocol pake roti marie. Tapi habis itu bener2 stop pundung minumnya. Huhuhu… Akhirnya karena gw, nyokap sama adek gw udah kehabisan akal, ya wes lah, diikhlasin si bocah Cuma minum aer putih sama teh caiiiiirrrrr.

Ada sisi positif-nya sih. Begitu stop minum ASIP, maemnya jadi gila2an banyaknya. Nyokap sampe geleng2 kepala. Tapi gw sebagai emak yang nggak rela ngebuang percuma ASIP, miris juga liatnya. Maunya kan Afa tetep minum ASIP sampe 2 tahun. Hiksss… Cedih kuadrat. Mana stok ASIP masih buanyak. Sayang bener kalo dibuang.

Berhubung gw belom ikhlas dan ada beberapa pihak yang menekan gw supaya si bocah dikasih aja sufor (yang mana sementara masih gw tolak sampai Afa umur 2 yo), akhirnya gw ajak si Ayah beli coklat sebangsa Ovaltine ato Milo buat dicampur sama ASIP. Siapa tau si bocah jadi doyam toh? Yang penting kan gizinya tetep gizi ASIP. Nggak masalah dicampur sama elemen laen. Pas kita nyamperin lorong yang jual coklat, kok tulisannya “tidak cocok untuk bayi”. Nah loh. Gw sama Ayah yang bingung. Afa itu masuk kategori bayi bukan ya? Euleuh…mumet pisan euy. Akhirnya nggak jadi beli dah. Nah, akhirnya kita (gw) tergelitik mampir ke lorongnya sufor. Lih plih pilih sufor mana yang kayaknya oke. Akhirnya gw ambil 1 bungkus merk sufor yang dipake sama temen gw. Katanya rekomended lah. Anaknya doyan. Pas mau gw masukin ke troley, eaaaa…disamperin sama mbak2 yang jaga toko. Tau2 bilang kalo merk susu yang gw pilih kandungan gulanya tinggi. Walah. Tambah pusyiang eikeh. Gw kira doi bakalan nawarin brand merk susu yang dia jual. Eh, ternyata nggak loh. Dia cuma kasih rekomendasi beberapa merk lain yang sebenernya bukan sufor melainkan susu pengganti makanan yang bikin si bocah nggak doyan maem. Dia sih meng-iyakan pendapat gw. Dan konklusinya, mbak-nya bilang mending nggak usah beli susu aja, Bu. Wahahaha… Akhirnya gw pulang tanpa beli apa2.

Trus jadinya gimana? Apa gw tetep kekeuh nggak mau kasih susu ke anak gw selama gw ngantor? Apa gw tega liat si bocah Cuma minum aer putih ato teh bening seharian? Tega sih sebenernya Ya nggak lah. Kemaren gw iseng beli hot cocoa merk Delfi. Iseng aja sih beli. Pas di rumah, gw bikin kentel trus iseng gw campurin ASIP yang gw bawa dari kantor. Daaaaaaaannnn… Taraaaaa… si bocah DOYAN euyyyy!!! Tandas sisa dikit doang diminum pake gelas. Yeayyyy… Hatikyu syenang langkahkyu rianggg… Syukur alhamdulillah ya Allah. Nah, habis itu gw suruh si Mbak bikin buat Afa campuran coklat sama ASIP pas gw ngantor. Masih doyan juga. Yuhuy… Besoknya gw suruh campur pake Dancow full cream. Daaaaannn… pas gw pulang kantor dikasih tau kalo abis 270 ml ASIP-nya. ASIP-nya doang ya. Campuran Dancow-nya 100-an ml. Uasyek…uasyekk.. uasyek!!!

Syukurlah, problem terpecahkan. Semangad terus minum ASIP-nya ya, Nak. Kalo gini pan Bunda jadi tetep cemungudh pumping di kantor.

Huraaah!!!

 

Eh, sebentar deh, Bund… Bukan loe pengennya si bocah nggak minum sufor ya? Tapi kok dikasih Dancow? Kan sufor juga itu?

* Oke2. Biar gw klarifikasi, ya. Gw nggak anti sama yang namanya sufor. Suatu saat gw juga tetep kasih susu buat anak gw. Sekedar buat menuhin kebutuhan kalsi-nya dia. Kalo gw rasa si bocah (baca: gw) udah siap, pasti susu nangkring kok jadi cemilan anak gw. Kapan siapnya, ya tunggu sampe si bocah umur 2 tahun. Dan gw yakin, pas ntar tiba waktunya dia gw sapih antah nyusu atopun ASIP-nya, pasti mau minum susu slain ASI. Anak gw pan pinter. Dia pasti tau kapan dia masih perlu nyusu and kapan dia harus lepas n mulai minum susu. Dan rencananya sih, habis 2 tahun gw mo kasih UHT aja. Tetep seperti semula. Susu bubuk buat camilan sajah. Jangan ditanya kenapa gw milih UHT ya. Browsing ndiri dah. Gw capek ngejelasinnya.

Oke? Sudah cukup puas dengan klarifikasi sayah?