Huhuiiii…masuk pertama setelah long weekend dapet surpres yang super duper mengagetkan, cuy (namapun juga surpres, sejak kapan nggak mengagetkan). Tanya dong apaan surpresnya…

“Oke, oke… Apaan sih Bund surpresnya? Kok segitunya banget.”

“Ini nih…pulang kantor ujan gede. Depan kantor banjir deh.” Tanya dong surpres di mananya…

“Hhh…trus bagian mana surpresnya? Secara model2 Jakarte gitu loch. Dah biasa kaleee kalo ujan banjir…”

“Kalo itu mah semut juga tau. Gara2 ujan tadi, gw rencananya mo naek BMW alias si bajaj merah warnanya ntuh buat anter ke stasiun. Tapi etapi…ditunggu punya ditunggu, si BMW lama kagak nongol juga. Kalopun nongol, pasti isi orang.”

“Ya eyalah isi orang. Mosok isi semut. Eh, trus gimana? Dapet BMW nggak akhirnya? Lama2 penapsaran juga”

“Pastinya. Hmmm..jelaaaasss…”

“Dapet? Kena macet dong”

“Jelaaasss nggak dapet. Nggak usah sewot gitu deh. Pan gw belom selesai ngomong tadi.”

“Haiyah. Trus loe ke stasiun naek apaan?”

“Jalan kaki, dodol. Meski gempor, tapi lumayanlah, lebih cepet daripada naek bus. Gilak, jalanan macte total.”

“Syukur deh kalo gitu. Trus akhirnya dapet kereta jam berapa?”

“Boro2. Sampai stasiun, kereta nggak jalan, cuy. Biasalah, kereta jaman Jepang. Kena ujan dikit, kesamber petir langsung keok.”

“Heleh…trus sampe jam berapa terdampar di stasiun?”

“Sampe sekarang masih mogok neeeehhhhh… Masuk Cikini aja belom”

 Begitulah, Sodara2. Sepenggal nasib apes gw hari ini. Kluar kantor dari jam 5, nunggu BMW kagak dateng2, sampe akhirnya jalan kaki sampe stasiun. Ngetem di stasiun Gondangdia dari jam 6, sampe sekarang belom jalan juga ni kereta (jam di Tab gw nunjukin jam 21.22). Entah sampe kapan penantian gw ini berakhir. Dan gw capeeeeeeeeekkkkk…bete nunggu. Kereta kok delay sampe 4 jam lebih. Harusnya jadwal kereta yang gw naekin dah jalan jam 4.47. Tapi sampe jam 21.30 belom jalan juga. Doakeun semoga gw bisa cepet sampe rumah, yak. Kangen sama kasur, bantal and guling gw.

Trus apa yang gw dapet? Sepatu basah kuyup sampe kaki gw keriput, baju basah sampe kering lagi, betis jadi berkonde, daaaannn…perjuangan gw belom berakhir loh. Sampai stasiun masih harus memacu roda motor gw menempuh perjalanan 5 km sebelum bisa menumpahkan kerinduan gw sama kasur bantal guling di kamar.

Mana nih pertanggungjawaban KAI? Gw nggak masalah tarif tiket naek. Tapi plis, tolong…pengertian dikit kek. Kami2 ini konsumen nggak nuntut macem2. Hal sepele kayak ontime jadwal kereta aja kayaknya susah banget yak realisasinya. Apalagi masalah petir, kenyamanan penumpang, kayaknya sampai saat ini cuma sebatas impian. Padahal bagi gw, kereta jadi moda transportasi yang paling bisa gw andelin buat menembus rimba kemacetan Jakarta. Tapi jangan mentang2 kita butuh kereta, trus KAI bisa seenaknya sama konsumen. Jadi nggak menganggap penting kami2 ini. Paling nggak announcer yang dijanjiin pas sosialisasi kenaika n tarif mbok ya direalisasikan. Emang sih, pas di stasiun tadi announcernya rajin bener update statusnya dia (status kereta maksud gw). The problem is, update statusnya nggak berubah dari jam 4.30 sampai kereta mulai jalan. Yep sodara2, akhirnya kereta yang gw tumpangin jalan juga meski dengan kecepatan semut. Sempet brenti lama antara Gondangdia-Cikini, tapi nggak ada pemberitahuan apapun. Bego nggak sih. Pas kita butuh info, announcer di kereta malah melempem. Stupid thing.

Hopeless dah gw sama kereta kalo dah kena ujan kayak gini. Empet seempet empetnya. Susah kalo dah berurusan sama orang2 yang nggak bisa menjaga amanah. Gw cuma bisa berdoa semoga penggede2 KAI cepet insap lah. Boleh semena2 sama konsumen, tapi jangan segitunya kaleeee. Cepet2 bisa rapiin sistem kereta, biar sama2 enak, simbiosis mutualisme-nya jalan. Amiiinnn…

 *ditulis di draft jam 21.43 dan posisi kereta masih ngetem di Manggarai.
**ayok doooooongggg, jalaaaaaaaaaaaaaannnn…. Kagak tau ape kalo gw kebelet pipis dari tadi
***bikin gara2, sabet clurit

 

Update:

Jam 21.53 kereta dah mulai jalan. Estimasi sampe stasiun Cakung jam 10.15 (kalo nggak pake ngetem). Ini aja dah brenti lagi di sta Jatinegara. Errrrr…Kalo lancar, sampai rumah jam 10.40 lah paling lama. Insya Allah. Hanya Allah dan masinis yang tau kapan kereta ini sampai.

Update (lagi):

Sampai rumah jam 22.27 dan gerbang kompleks udah ditutup. Errrrrrr…. Gak papa lah. Yang penting bisa ngelonin dan melukin si bocah.