Kenapa sih judulnya nggak disingkat “Need to Take a Breath” aja? Ya suka2 gw dong, gw yang nulis kok Bukan apa2 sih. Akhir2 ini kayaknya emang ribet jumpalitan nggak karuan ngurusin kerjaan. Gw bukannya ngeluh soal kerjaan ya. (lho, yang barusan apaan dong?!) Enjoy2 aja ngerjaian apapun. Dan gw bakal kasih 100% kemampuan gw buat nyelesaiin kerjaan sesuai porsi gw. Ya, gini2 integritas dan kompetensi gw masih jalan lah. Kantor gw kan nggak sebego itu nyeleksi ribuan orang buat masuk ke sindang trus dapet orang yang ogah2an

Pernah nggak sih pada ngalamin, sesuatu yang simpel, sepele, gampang, sederhana, bisa jadi riweuh, ribet, mumet, mawut, gara2 sebab sepele juga. Ya misal kerjaan yang simpel (meski butuh konsentrasi tinggi ya) bisa jadi berantakan kalo diganggu sama suara2 rese tiap mau dikerjain diinterupsi mulu.

Gw kasih contoh simpel. Misal loe disuruh goreng lauk (tahu, tempe, ayam). Gampang kan sebenernya? Cuma tinggal sreng doang. Nah, akan susah jadinya kalo loe baru separo goreng tahu (bayangin tempe sama ayamnya belom sempet masuk wajan yak), trus loe disuruh bikin nasi goreng. Apa yang loe lakuin? Kalo gw sih, gw selesaiin matengin tahunya dulu. Lanjut goreng tempe sama ayam, baru bikin bumbu nasi goreng trus diosreng deh. Osreng…osreng…osreng…osreng…osreng…lauknya pilih saja…semua ada dimeja, apeu sihhhh (enno lerian MODE:ON) Selesai kan? Setengah jam nggak nyampe jadi deh.

Tapi gimana kalo kejadiannya kayak gini:

Situasinya loe mo nyelesaiin goreng tahu (sekali lagi, belom tempe sama ayam lho yak)

Si A: “nasgornya udah bikin belom?

Loe: “belom” (sekali lagi gw ingetin, loe lagi goreng tahu kan)

Si A: “dari tadi loe ngapain aja sih?”

Loe: “Pan gw lagi goreng tahu. Loe kan yang suruh gw goreng lauk” (siap2 asah golok)

Si A: “Ya udah cepet selesaiin, trus loe bikin nasgornya.” (ngeloyor pergi)

Tapi etapi, baru selesai goreng tahu, ternyata si A datengin lagi nyuruh bikin nasgor. (ngasah goloknya makin semangka)

Si A: “Udah, bikin nasgor aja duluk. Itu, bawang merah, bawang putih, cabe diirisin tipis2 trus dioseng sama merica bubuk. Kasih garem trus nasinya dimasukin. Habis itu, goreng telor dadar.”

Loe: Ciaaaaaatttttt, pake gaya kungfu master men-smack down A sampe modar

Nggak usah dibilangin pasti omongan si A loe bakal kerjain kan. Wong bumbu and cara masaknya emang kayak gitu. Dan apa yang ada dipikiran loe, pas masak nasgor punggung loe dipepet plus dikomentarin sana sini padahal bahan2 nasgornya udah siap sedia di dapur si A. Kenapa oh kenapa bukan si A aja yang bikin sendiri tuh nasgor, sedangkan loe nyelesaiin goreng lauknya. Nasgor siap, lauk siap, semua siap barengan, trus bisa dimakan bareng2 kan?

Trus gimana nasib tempe sama ayam yang belom loe goreng? Ya loe kudu nge-switch daya konsentrasi loe buat balik lagi ngegoreng tempe sama ayamnya. Yang mana loe pasti udah ilang mood-nya. Iya kan?

Nah karena kejadian2 kayak gitu gw alamin hampir tiap hari yang bikin gw bosen sama nasgor, tahu, tempe, ayam, bikin gw ngerasa perlu buat nikmatin tiap napas yang gw ambil. Sekedar refreshing. Lama2 otak gw perlu istirahat juga. Bukan cuma otak sih. Kuping juga perlu istirahat dengerin suara. Mata, lidah, juga perlu rehat dari fungsinya selama ini. Perlu diem, kayak patung.

Gw nggak mau gara2 otak gw overload nerima segala instruksi sesuatu yang nggak sesuai sama mau gw, sampe bikin gw bawa masalah2 gw di rumah. Yang rugi siapa? Gw sendiri. Mbak Rani pengasuhnya Afa kena imbas amukan gw. Afa juga mau nggak mau kena imbasnya juga. Ditambah sekarang tuh bocah tantrumnya lagi gila2an ditambah semua maunya dia diturutin sama Mbak Rani. Semua kena amukan gw akhirnya. Gw capek, capek ati capek fisik. Makanya, bener2 perlu ambil napas dalam2 trus nikmatin setiap tarikan napas yang gw ambil.

Huuufffff…

#Penggambaran situasi di atas cuma fiktif belaka ya. Entah kenapa kok yang gw pilih malah ngegoreng lauk sama bikin nasi goreng. Efek dari puasa hari ini mungkin. Yang pasti, percaya deh, situasi yang gw alamin di atas, lebih parah dari yang sebenernya.