Gw (G): (lagi liat temen asyik makan lotis buah) “Kang, minta besusu-nya, yak!”

Temen GW (T): “Heh? Apaan? Loe barusan minta apa?”

G: “Besusu. Gw minta satu, yak”

T: “Apaan sih besusu itu?”

G: #Gubraksss

Entah temen gw yang katrok ato emang besusu bener2 nggak ada di kamus besar bahasa endonesah. Kok bisa2nya temen gw nggak tau apa itu besusu. Jangan2 pada nggak tau juga besusu itu apa. Itu loh, buah warna putih, banyak aernya trus biasanya dibikin lotis.

Hah? Lotis aja nggak tau??? Hadeeeehhhh… itu lohhhh… Rujak. Kalo masih nggak tau juga kebangetan deh.

Padahal daerah asal gw tuh nyebut lotis sama rujak itu jauhhh bedanya. Kalo lotis tuh buah dipotong2 trus dicocol pake sambel dari gula jawa diuleg campur sama asem. Kalo di sini, disebut rujak. Iya, kan? (yeee…malah nanya)

Padahal…kalo rujak di daerah asal gw tuh dibikin dari buah trus diserut trus dikasih kuah dari aer gula sama cabe. Kalo di sini dibilangnya rujak bebeg, kali ya? (yeee…malah nanya lagi)

Jadi kesimpulannya: rujak = lotis, rujak bebeg = rujak.

Bentar2…

Ini sebenernya mo ngomongin apa sih? Rujak, lotis, rujak bebeg ato besusu???

Ondeh mandeh… Balik lagi ke besusu. Eh, bener loh. Pas gw iseng nyari di om gugel pake kiwerd “besusu” kok nggak ada artikel yang cocok sama mau gw. Gimana sih. Kan besusu itu terkenal di daerah gw. Mosok nggak masuk di om gugel.

Trus, besusu itu apa dong??? Okeh, gw kasih tau ya… Besusu itu kata laen dari Bengkoang. Yup, bener, sodara2. B E N G K O A N G. Ini nih hasil dari pencarian lewat om gugel yang gw ambil dari mister wiki:

“Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerikatropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu (/bəsusu/)”

Nah, jelas kan sekarang. Jadi, kalo gw minta besusu lagi, jangan bengong trus mikir yang iya2 ya…

Ini postingan apaan sih?! Bener2 nggak jelas #ketokpalu